Sabtu, 4 Mei 2024

Khatib Salat Jumat Diimbau Sampaikan Pesan Damai Usai Coblosan Pemilu

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Salah seorang pemilih memasukan kertas suara ke kotak suara usai mencoblos di TPS 57 di Girilaya, Surabaya pada Rabu (14/2/2024). Foto: Shava suarasurabaya.net

Adib Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau khatib Jumat menyampaikan pesan persaudaraan selepas coblosan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kami mengimbau kepada para khatib Jumat untuk menyuarakan pesan merekatkan persaudaraan pascapemilu 2024 di mimbar-mimbar masjid,” ujar Adib dilansir laman Kemenag, Rabu (14/2/2024).

Adib mengatakan, khatib berperan sangat penting dalam memberi pemahaman dan pencerahan kepada masyarakat terkait pentingnya menghargai keragaman pilihan politik.

Perbedaan yang ada tidak semestinya menjadi sebab renggangnya hubungan persaudaraan.

“Selama proses kampanye, di tengah masyarakat kerap terjadi perdebatan terkait pilihan politik. Karenanya, khatib punya peran penting untuk menjaga kondusifitas dan persaudaraan,” ungkapnya.

“Jangan terpancing dengan isu-isu yang berpotensi menimbulkan konflik,” tambahnya.

Adib mengajak umat Islam di Indonesia bersikap dewasa dalam menyikapi hasil demokrasi yang berlangsung tiap lima tahun sekali ini.

“Tunjukkan sikap dewasa di tengah masyarakat. Jangan melakukan Tindakan yang dapat mengancam sendi-sendi kerukunan bangsa dan negara,” tutupnya. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs