Senin, 17 Juni 2024

Megawati Duduk Diapit Ganjar-Mahfud di Pembukaan Rakernas V PDIP

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo mantan Capres 2024 dan Mahfud MD mantan Cawapres 2024 bersalaman dan kemudian duduk mengapit Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI di acara Rakernas V PDIP, di Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024). Foto : istimewa

Setelah meninjau sederet pameran, Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) bersama jajaran pengurus Partai memasuki arena Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ke-V Partai di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024) siang.

Pantauan di lokasi, Megawati didampingi Puan Maharani Ketua DPP PDIP, Ganjar Pranowo mantan Capres 2024 serta Pramono Anung Seskab yang juga eks Sekjen PDIP memasuki arena Rakernas V PDIP pada pukul 14.05 WIB.

Sejumlah pengurus DPP PDIP juga terlihat menghantar Megawati untuk memasuki arena Rakernas V PDIP. Di antaranya, Hasto Kristiyanto Sekjen, Djarot Saiful Hidayat Ketua DPP PDIP yang Ketua Steering Committee Rakernas V PDIP serta jajaran DPP PDIP lainnya.

Di dalam ruang Rakernas, sebanyak 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent telah menanti kedatangan Megawati beserta rombongan.

Lagu Hymne dan Mars PDIP pun turut diperdengarkan menyambut kedatangan Megawati dan jajaran DPP Partai masuk ke arena Rakernas.

Sejumlah peserta Rakernas pun turut menyapa Megawati sambil bertepuk tangan meriah.

Terlihat juga hadir di acara pembukaan Rakernas V PDIP diantaranya, Hary Tanoesoedibjo Ketua Umum Perindo, Oesman Sapta Odang Ketua Umum Hanura, dan perwakilan PPP.

Adapun sejumlah Menteri Kabinet dari PDIP, di antaranya Tri Rismaharini Menteri Sosial, Yasonna Laoly Menteri Hukum dan HAM, Abdulah Azwar Anas Menteri PAN-RB, Bintang Puspayoga Menteri PPPA, Teten Masduki Menteri Koperasi turut hadir dalam pembukaan Rakernas V PDIP.

Kemudian, Menteri Kabinet yang merupakan sahabat, Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Para tokoh nasional seperti Try Sutrisno Wakil Presiden Ke-6 RI hingga Mahfud MD mantan Cawapres 2024 terlihat hadir dalam pembukaan Rakernas.

Adapula, para tokoh-tokoh nasional, para relawan pendukung Ganjar-Mahfud, aktivis pro demokrasi dan para cendikiawan yang turut menjadi tamu undangan dalam Rakernas itu.

Presiden Kelima RI ini pun duduk di bagian depan panggung Rakernas V Partai. Terlihat mengapit Megawati, yakni Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang kompak berpakaian serba merah.

Acara pun diawali dengan penampilan pertunjukan gambar banteng yang terluka namun tetap menggelorakan semangat bertarung.

Tarian Mansyur Angklung dan Tari Banteng Yogya disuguhkan sebagai pertunjukan pembukaan Rakernas V PDIP.

Sebagai informasi, Rakernas V PDIP digelar pada 24-26 Mei 2024 di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.

Adapun Rakernas kali ini mengusung tema “Satyam Eva Jayate: Kebenaran Pasti Menang” dan subtema “Kekuatan Persatuan Rakyat dalam Kebenaran”.

Sebanyak 4.858 peserta yang terdiri dari fungsionaris DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD dan DPC Partai, Anggota DPR RI, badan dan sayap partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPLN dari 16 negara, Anggota DPRD Provinsi, Kabupaten, Kota, Kepala dan Wakil Kepala Daerah PDIP, serta calon anggota DPR RI terpilih pemilu 2024 yang non-incumbent hadir langsung dalam Rakernas V Partai.

Api perjuangan nan tak kunjung padam telah dimulai pada Jumat, 17 Mei 2024, dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. Api perjuangan ini menempuh perjalanan melintasi 20 kabupaten/kota dengan jarak 526 km dan telah tiba di Jakarta pada Kamis, 23 Mei 2024.(faz/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
27o
Kurs