Minggu, 28 April 2024

Ombudsman Minta KPU Pastikan Seluruh Surat Suara Diterima dengan Baik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kepala Ombudsman RI Jemsly Hutabarat. Foto: Antara Kepala Ombudsman RI Jemsly Hutabarat. Foto: Antara

Ombudsman RI meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI maupun kabupaten/kota memastikan seluruh surat suara pemilu 2024 diterima dengan baik, serta sesuai dengan jenis surat suara dan jadwal yang ditetapkan guna mencegah terjadinya maladministrasi.

Jemsly Hutabarat Kepala Ombudsman RI menyampaikan berdasarkan investigasi atas prakarsa sendiri (IAPS) terkait kesiapan tata kelola logistik surat suara pemilu 2024, terdapat temuan yang menunjukkan KPU/Komisi Independen Pemilihan (KIP) kabupaten/kota belum melaksanakan sepenuhnya Keputusan KPU Nomor 1395 Tahun 2023.

“Temuan tersebut berpotensi menyebabkan maladministrasi berupa penundaan berlarut dalam hal belum terdistribusinya surat suara dan pengabaian kewajiban hukum,” kata Jemsly dalam keterangannya yang dilansir Antara, Sabtu (3/2/2024).

Ia menjelaskan pengambilan data IAPS kesiapan tata kelola logistik surat suara pemilu 2024 dilakukan melalui wawancara dan tinjauan langsung pada 15-19 Januari 2024 di 71 kota dan kabupaten yang tersebar di 34 provinsi, dengan peran serta perwakilan Ombudsman RI di 34 kantor.

Dia mengungkapkan temuan pada tahap distribusi logistik surat suara di 71 KPU/KIP kabupaten/kota, yakni sebanyak 3,29 persen belum menerima surat suara DPR RI/DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Kemudian sebanyak 47,9 persen tidak melakukan koordinasi dengan pihak penyedia, 2,9 persen telah melakukan distribusi logistik kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)/Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), serta 14,1 persen belum menyusun rencana pendistribusian ke tempat pemungutan suara (TPS).

Pada tahap pemeliharaan dan inventarisasi logistik surat suara, kata Jemsly, ditemukan 5,7 persen KPU/KIP kabupaten/kota belum memisahkan surat suara kondisi baik, rusak, dan tertukar karena masih dalam proses sortir dan lipat.

Penemuan lainnya, yaitu belum semua KPU/KIP kabupaten/kota menyiapkan daftar alokasi kebutuhan masing-masing logistik pemilu, menyusun jenis logistik pemilu sesuai daftar alokasi kebutuhan TPS, melakukan pengecekan masing-masing jenis logistik pemilu sebelum pembungkusan, serta melakukan pengepakan akhir kelengkapan logistik pemilu dalam kotak suara.

Selain memastikan seluruh surat suara diterima dengan baik, dia menyarankan agar KPU melakukan koordinasi dengan pihak penyedia untuk dapat segera melakukan penggantian surat suara yang rusak dan kurang sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Dia juga berharap KPU menyusun dan menyiapkan rencana distribusi, pembagian wilayah, rencana moda transportasi pendistribusian logistik, hingga daftar alokasi kebutuhan masing-masing jenis logistik pemilu per TPS, serta menyusun masing-masing jenis logistik pemilu sesuai dengan daftar alokasi kebutuhan setiap TPS.

“Diharapkan pula KPU dapat melaksanakan dan menaati Keputusan KPU Nomor 1395 Tahun 2023, serta membuat rencana kontingensi untuk mengatasi seluruh kendala yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan pemilu 2024,” ujarnya.

Terkait pesan Ombudsman tersebut, Yulianto Sudrajat Anggota KPU mengucapkan terima kasih atas hasil IAPS yang telah disampaikan.

Dia mengatakan KPU dan Ombudsman merupakan lembaga pelayanan publik yang tujuannya adalah melayani, dan pihaknya membuka seluas-luasnya ruang partisipasi untuk mendukung kesuksesan pemilu 2024.

Yulianto turut menekankan bahwa distribusi logistik Pemilu 2024 di daerah terpencil harus diberikan prioritas pengiriman pertama dan sudah dipetakan moda transportasi sejak tahap perencanaan. (ant/azw/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
31o
Kurs