Senin, 17 Juni 2024

Pimpinan Parpol dan Sukarelawan Pendukung Ganjar-Mahfud Diundang ke Rakernas V PDIP

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ahmad Basarah Ketua DPP PDIP (tengah) dalam konferensi pers di lokasi Rakernas V, Ancol, Jumat (24/5/2024). Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Ahmad Basarah Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) menyatakan pembukaan Rakernas V di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara. Jumat (24/5/2024) akan dihadiri 4.859 orang.

Menurut Basarah, peserta Rakernas V hari pertama terdiri dari unsur internal dan pihak eksternal. Unsur internal adalah kader PDI Perjuangan. Unsur eksternal adalah menteri, sahabat, tokoh nasional, hingga sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Sekadar diketahui, Ganjar-Mahfud adalah kandidat pada pilpres 2024 yang didukung PDI Perjuangan bersama PPP, Hanura, dan Perindo.

“Insyaallah akan dihadiri oleh sekitar 4.859 orang, selain peserta Rakernas V juga terdiri dari unsur-unsur undangan partai. Mereka terdiri pimpinan partai politik pendukung Ganjar-Mahfud, kemudian menteri-menteri dari PDI Perjuangan, menteri-menteri sahabat, para senior partai, tokoh-tokoh nasional, relawan pendukung Ganjar-Mahfud, para aktivis civil society, kemudian perjuangan demokrasi, dan para cendikiawan,” kata Basarah dalam konferensi pers sebelum pembukaan Rakernas, di arena Beach City International Stadium Ancol, Jakarta Utara.

Wakil Ketua MPR RI itu mengatakan Megawati Soekarnoputri Ketum PDI Perjuangan menjadi tokoh yang membuka Rakernas V pada Jumat (24/5) ini sekitar pukul 14.00 WIB.

“Tepatnya jam 14.00, 24 Mei 2024 Ibu Megawati Soekarnoputri Ketua umum PDI Perjuangan akan secara resmi membuka rangkaian Rakernas V PDI Perjuangan yang direncanakan akan berakhir pada tanggal 26 yang akan datang,” kata Basarah.

Dia melanjutkan, Rakernas V memiliki lima agenda utama yang dibahas dan dirumuskan. Satu di antaranya evaluasi kinerja partai sejak pelaksanaan Kongres V PDI Perjuangan pada 2019.

“Memang menurut ketentuan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga kami, salah satu fungsi Rakernas V ini adalah kami mengevaluasi perjalanan program-program partai, kinerja partai, capaian-capaian partai, setiap tahun sekali dalam rapat kerja nasional,” kata Basarah.

Alumnus Universitas Diponegoro (Undip) itu melanjutkan agenda Rakernas V melaksanakan konsolidasi organisasi dengan mengembalikan siklus Kongres kembali ke 2025.

“Kebetulan jadwal kongres dilaksanakan pada 2019, tetapi karena agenda-agenda nasional lainnya, termasuk pelaksanaan pilpres dan pileg kemarin, dan November nanti kami akan melaksanakan pilkada serentak, maka untuk kebutuhan konsolidasi pemantapan organisasi partai mensukseskan agenda-agenda nasional bangsa itu, kongres akan diputuskan dikembalikan dalam siklus lima tahunan, nanti 2025 yang akan datang,” lanjut Basarah.

Selanjutnya, kata dia,, Rakernas V akan diisi konsolidasi organisasi untuk pemantapan pilkada 2024.

“Kelima rakernas ini akan merumuskan, memutuskan, dan memantapkan, serta menetapkan hal-hal yang menjadi sikap politik resmi PDI Perjuangan. Baik sikap politik menyangkut kebijakan internal organisasi, maupun sikap politik eksternal organisasi. Kami akan bahas prediksi dan proyeksi pemerintahan nasional, bangsa Indonesia lima tahun ke depan. Dikaitkan dalam situasi politik global. Terjadinya perang antara Ukraina dan Rusia yang sampai sekarang belum selesai. Kemudian Iran dan Israel. Konflik Laut Cina Selatan, kemudian pemanasan global yang akan mempengaruhi umat manusia di muka bumi,” ujarnya.

“Lima poin ini, nanti akan menjadi fokus dan saya kira pada bagian lima, perumusan sikap politik ini akan menjadi perhatian teman-teman semua bagaimana sikap PDIP selama lima tahun ke depan,” katanya.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
28o
Kurs