Kamis, 25 Juli 2024

Ribuan Massa Berunjuk Rasa Warnai Pembacaan Putusan PHPU di MK

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Massa aksi unjuk rasa di depan Monas membentangkan banner bertuliskan "Kami Dukung MK Menolak Kecurangan PIPres 2024 MK ADIL RAKYAT SENANG, Senin (22/4/2024). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Ribuan massa dari beberapa kelompok yang mengaku sebagai pendukung Anies Muhaimin (AMIN) melakukan aksi unjuk rasa di sekitar patung kuda Monas.

Mereka di antaranya dari Barisan Emak-emak Militan AMIN, Aliansi Masyarakat Jawa Barat dan dari kelompok buruh.

Sambil membawa poster, spanduk dan bendera mereka minta para hakim konstitusi mendiskualifikasi pasangan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.

Banner bertuliskan GERAKAN RAKYAK MENGGUGAT Dukung Mahkamah Konstitusi Diskualifikasi Prabowo -Gibran dibentangkan di sekitaran Monas, Jakarta, Senin (22/4/2024). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Aksi mereka terkonsentrasi di patung kuda karena sepanjang jalan Merdeka Barat aksesnya ditutup oleh aparat kepolisian dengan menggunakan barikade kawat berduri.

Para pengunjuk rasa juga mendengarkan pembacaan putusan Perselisihan Hasil Pemungutan Suara (PHPU) yang saat ini sedang berlangsung dengan menggunakan streaming yang dibunyikan dengan speaker.

Massa aksi menutup akses jalan di sekitaran MK dengan membentangkan banner bertuliskan “TOLAK POLITIK DINASTI JOKOWI TURUN”, Senin (22/4/2024). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Sejauh ini aksi berlangsung kondusif dan aparat keamanan dari kepolisian terus standby by di area Monas dan gedung MK.

Sekadar diketahui, aparat kepolisian sendiri menerjunkan 7.783 personilnya yang ditempatkan di tiga titik. Masing-masing di gedung Mahkamah Konstitusi, Monas dan gedung Bawaslu. Sejumlah kendaraan taktis juga bersiaga termasuk pasukan K9 dan mobil pemadam kebakaran. (faz/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs