Minggu, 5 Mei 2024

Keamanan Diperketat Jelang Putusan PHPU di MK, 7.783 Personil Kepolisian Diterjunkan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Irjen Pol Karyoto saat meninjau pengamanan di gedung Mahkamah Konstitusi jelang pembacaan hasil sengketa Pilpres 2024, Senin (22/4/2024). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Suasana jelang pembacaan putusan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) presiden dan wakil presiden 2024 di Mahkamah Konsitusi (MK) pengamanan diperketat.

Jalan Merdeka Barat ditutup untuk mengantisipasi keamanan supaya kondusif, khususnya di sepanjang jalan menuju ke gedung MK.

Mobil barracuda terlihat berada di sekitaran gedung Mahkamah Konstitusi jelang pembacaan hasil sengketa Pilpres 2024, Senin (22/4/2024). Foto: Faiz suarasurabaya.net

7.783 personil dari Kepolisian disiagakan di tiga titik, masing-masing di gedung Mahkamah Konstitusi, gedung Bawaslu dan sekitar Monumen Nasional (Monas).

Sejumlah kendaraan taktis, Water Canon, Barracuda dan Kendaraan Pemadam Kebakaran ditempatkan di tiga titik tersebut. Pasukan K9 juga dikerahkan untuk menyisir gedung MK.

Petugas kepolisian berpatroli di sekitaran gedung Mahkamah Konstitusi jelang pembacaan hasil sengketa Pilpres 2024, Senin (22/4/2024). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Dari pantauan suarasurabaya.net, sejumlah orang juga tampak berkerumun di sekitar patung kuda Monas ujung jalan menuju ke gedung MK. Mereka berencana akan melakukan aksi unjuk rasa.

Sekadar diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang putusan perkara perselisihan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2024 hari ini, Senin (22/4/2024) pukul 09.00 WIB.

Ada dua perkara yang akan dibacakan putusannya, yaitu Perkara 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dengan pemohon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar serta Perkara 2/PHPU.PRES-XXII/2024 dengan pemohon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Sementara yang menjadi pihak terkait adalah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Sedangkan sebagai pihak termohon adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Irjen Pol Karyoto Kapolda Metro Jaya juga sempat melakukan sidak pengamanan jelang sidang putusan PHPU ini. Semua pengunjung diperiksa ketika akan memasuki gedung MK. (faz/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs