Sabtu, 15 Juni 2024

Sejumlah Pengawas TPS di Solo Alami Sakit Akibat Kelelahan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Setyo Puji Santoso Komisioner Bawaslu Kota Surakarta memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/2/20224). Foto: Antara Setyo Puji Santoso Komisioner Bawaslu Kota Surakarta memberikan keterangan kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/2/20224). Foto: Antara

Sejumlah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di Solo (Surakarta), Jawa Tengah mengalami sakit akibat kelelahan setelah bertugas pada proses pemungutan suara.

Setyo Puji Santoso Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surakarta, Jawa Tengah, mengatakan setidaknya ada tiga laporan yang masuk ke Bawaslu terkait kondisi tersebut.

“Ada beberapa laporan, tiga di antaranya menonjol karena ada yang asam lambung, pingsan, dan ada yang mengalami kecelakaan di Jebres,” katanya, Kamis (15/2/2024) seperti dikutip Antara.

Terkait hal itu, ia belum dapat memastikan kondisi terbaru para petugas pengawasan di tingkat TPS tersebut. Sejumlah petugas sakit salah satunya karena kurang istirahat.

“Padahal pemungutan suara ini dilakukan secara serentak dan memang membutuhkan waktu yang ekstra, bahkan sampai dengan hari ini ada yang masih berlangsung proses pemungutan suara,” katanya.

Sementara itu, Bambang Christanto Ketua KPU Kota Surakarta mengatakan dari seluruh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Solo yang berjumlah 12.411 orang, seluruhnya dalam kondisi sehat.

“Di Kota Surakarta kalau (sakit karena) capek iya, kalau meninggal dunia tidak ada,” katanya.

Ia mengatakan seluruh petugas KPPS di Kota Solo terlindungi oleh BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

“Itu ikhtiar kami melindungi teman-teman. Mudah-mudahan nggak dipakai, artinya petugas sehat semua. Ini melindungi teman-teman mulai dari PPK hingga KPPS,” katanya. (ant/azw/bil)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
29o
Kurs