Minggu, 28 April 2024

Surya Paloh : Bukan Jadi Prioritas Utama Partai NasDem Gabung dengan Pemerintahan Baru

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Surya Paloh Ketua Umum Partai Nasdem saat berpidato dalam momen deklarasi Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Hotel, Majapahit, Surabaya, Sabtu (2/9/2023). Foto: dok suarasurabaya.net

Surya Paloh Ketua Umum Partai NasDem mengumumkan, saat ini bukan prioritas partai untuk menentukan sikap mendukung atau menjadi oposisi pemerintah baru periode 2024–2029.

Terlepas dari itu, Surya menyebut kemungkinan NasDem untuk menjadi partai pendukung dan partai oposisi masih sama.

“Bergabung pada pemerintahan baru, saya pikir bukan prioritas utama bagi Partai NasDem. Kemungkinan bergabung atau tidak bergabung itu sama posisinya hari ini. Jadi, ini saya ingin pertegas tidak merupakan prioritas untuk segera bergabung,” kata Surya Paloh saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam, seperti dikutip Antara.

Surya menyampaikan bahwa Partai NasDem, terlepas nantinya mendukung atau menjadi oposisi pemerintahan baru, tetap berharap Pemilu 2024 menghasilkan pemerintahan yang kuat dan solid.

NasDem, dalam kontestasi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yang kalah dari pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Dalam kontestasi itu, NasDem berkoalisi dengan PKS dan PKB.

Sementara itu, Prabowo-Gibran didukung oleh Koalisi Indonesia Maju yang terdiri atas Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Gelora Indonesia, PRIMA, Partai Garuda, PSI, dan satu partai lokal Partai Aceh.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon (paslon) terpilih pada Pilpres 2024.

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

“Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu, tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB,” kata Hasyim Asy’ari Ketua KPU RI di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu malam.

Hasyim mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. mendapatkan 27.040.878 suara. Adapun total surat suara sah, menurut dia, sebanyak 164.227.475 suara.

Pasangan calon terpilih, Prabowo-Gibran, dijadwalkan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024–2029 pada tanggal 20 Oktober 2024.(ant/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs