Kamis, 30 Mei 2024

Tinjau Lokasi Banjir Bandang Grobogan, Ganjar Ajak Pemerintah dan Pendukungnya Beri Bantuan ke Korban

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ganjar Pranowo Calon Presiden nomor 3 meninjau lokasi banjir bandang yang menerjang Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024). Foto: istimewa

Ganjar Pranowo Calon Presiden nomor 3 meninjau lokasi banjir bandang yang menerjang Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Rabu (7/2/2024). Kedatangan Ganjar pun disambut meriah oleh warga setempat.

Agar mencapai lokasi, kendaraan yang dinaiki Ganjar harus membelah genangan air. Ganjar datang langsung untuk melihat kondisi warga yang terdampak dari banjir bandang imbas dari jebolnya tanggul di daerah tersebut.

Saat tiba, terlihat ketinggian air sekitar sebetis orang dewasa. Ganjar langsung mengajak warga sekitar untuk berdialog guna mengetahui kondisi mereka.

“Bagaimana kondisinya, sudah dapat bantuan belum,” tanya Ganjar di lokasi, Rabu (7/2/2024).

“Sudah ada Pak, tetapi belum merata,” jawab beberapa warga yang berdialog dengan Ganjar.

Menurut Ganjar, kedatangannya ke Grobogan ini usai dirinya mendapatkan informasi ada tanggul yang jebol dan memberikan danpak berupa banjir kepada masyarakat.

“Kalau melihat kan informasi yang saya dapat, sejak banjir itu kan jebol tanggulnya. Saya komunikasi dengan Bu Bupati (Bupati Grobogan Sri Sumarni),” kata Ganjar.

Ganjar pun mendorong agar pemerintah segera bertindak cepat menangani para korban yang terdampak dari banjir bandang di Grobogan itu.

“Mudah-mudahan segera ditangani, yang penting reflek pemerintah mesti cepat ditangani dulu kondisi kedaruratannya. Pasti banjir perlu makanannya cukup ya, terus kemudian kalo ada yang basah, sandangnya disiapkan, kalo enggak diungsikan,” ungkap Ganjar.

“Tapi rasanya tidak banyak pengungsi, dapur umumnya sudah disiapkan mudah-mudahan responsnya bagus,” imbuh Ganjar.

Selain itu, Ganjar yang pada hari ini dijadwalkan berkampanye menyapa warta Grobogan, bakal mengajak para pendukungnya untuk memberikan bantuan kepada korban yang terdampak banjir bandang.

“Karena kita mau ada kampanye terbuka, mungkin kita ajak lah untuk ikut membantu. Jadi digeser model kampanyenya bantuan mereka yang terkena bencana ini saya lihat langsung,” tutur Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode itu berucap agar kejadian banjir bandang tidak lagi terulang maka perlu adanya langkah kongkret yang mesti dilakukan.

Misalnya, membereskan wilayah yang gundul hingga memperkokoh bangunan tanggul penahan air di wilayah Grobogan agar ke depannya tidak lagi terjadi.

“Di sisi hulu, mesti kita bereskan daerah yang gundul, perbaikan sungai yang tanggulnya rusak memang harus dilakukan. Ini biasanya BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai Brantas) yang akan banyak pekerjaan rumah bekerja. Itu saya kira, hulunya harus diperbaiki,” tutup Ganjar. (faz/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
32o
Kurs