Senin, 6 Mei 2024

Soekarwo Lantik Nurwiyatno Jadi Pj Wali Kota Surabaya 28 September

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Nurwiyatno Kepala Inspektorat Jatim yang ditunjuk Gubernur Jatim sebagai Penjabat Wali Kota Surabaya menggantikan Tri Rismaharini yang masa kepemimpinannya berakhir 28 September 2015. Foto: Antara

Soekarwo Gubernur Jawa Timur memastikan akan melantik Nurwiyato Inspektur Provinsi Jawa Timur sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Surabaya di Gedung Negara Grahadi pada 28 September 2015 mendatang.

“Pelantikan Pak Nurwiyatno sebagai Pj Wali Kota Surabaya sudah dijadwalkan dan dilantik bersama tiga Pj daerah lain,” ujarnya seperti dilansir Antara, Sabtu (19/9/2015).

Kepastian pelantikan Nurwiyatno sebagai Pj Wali Kota Surabaya setelah Pakde Karwo menerima secara resmi surat keputusan (SK) dari Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri .

Pelantikan pejabat untuk mengisi kekosongan kekuasaan sampai Wali Kota definitif dilantik itu, bersamaan dengan hari terakhir masa jabatan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya.

Menurut Pakde Karwo, sebagai Pj, Nurwiyanto memiliki sejumlah tugas, antara lain konsolidasi politik secara internal dengan legislatif atau DPRD Surabaya dan menangani masalah penyerapan anggaran.

“Saya optimistis Pak Nurwiyatno mampu menyelesaikannya, terutama percepatan penyerapan anggaran. Sebagai inspektur dan pernah menjabat kepala BPKAD, beliau pasti sudah paham,” katanya.

Di antara tugas lainnya, lanjut dia, memeriksa proyek-proyek yang masih dikerjakan oleh satuan perangkat kerja daerah setempat karena diperlukan untuk mengetahui berapa persen jumlah anggaran yang terserap maupun belum.

“Kalau semisal anggarannya masih terserap 30 persen, tapi pembangunan proyeknya sudah 60 persen maka nanti kami minta laporan penyerapan anggaran dan penyerapan proyeknya berapa,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Jatim ini.

Di kesempatan beberapa waktu lalu, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengaku tak mempermasalahkan siapapun nama yang ditunjuk oleh Gubernur Jawa Timur sebagai Pj Wali Kota untuk menggantikannya. “Siapapun orangnya tidak masalah dan memang tidak ada hubungannya dengan saya karena itu kewenangan Gubernur,” kata Risma saat itu.

Sementara Nurwiyatno, mengaku juga menerima info terkait pelantikan dirinya menjadi Pj Wali Kota Surabaya pada 28 September nanti. “Infonya begitu. Yang lebih tahu Pak Supriyanto (kepala biro pemerintahan dan Pj Wali Kota Blitar, red),” katanya ketika dihubungi suarasurabaya.net.

Diketahui, Nurwiyatno saat ini menjabat sebagai Inspektur Provinsi Jawa Timur dan pernah menjabat cukup lama sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jatim.(ant/bid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs