Senin, 19 April 2021

Kriteria dan Pekerjaan Rumah Penerus Risma Versi Rektor Unair

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Muhammad Nasih Rektor Universitas Airlangga yang juga Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Foto: Dok./Baskoro suarasurabaya.net

Muhammad Nasih Rektor Universitas Airlangga memaparkan sejumlah kriteria ideal Wali Kota Surabaya penerus Tri Rismaharini beserta pekerjaan rumah yang menantinya.

“Jadi, pemimpin ke depan itu harus orang yang visioner. Sekaligus mereka-mereka yang cukup rendah hati untuk mengelola kota sebesar Surabaya. Kerendahan hati dan kevisioneran inilah yang menjadi penting untuk Surabaya ke depan. Siapa orangnya, wallahualam,” ujar Nasih.

Nasih menilai aspek kesejahteraan yang masih akan menjadi tanggung jawab utama wali kota penerus Risma. Menurutnya, seluruh pengelola negara di tingkatan manapun memiliki PR serupa.

“Supaya rasa keadilan bisa tercipta, dengan mengurangi jumlah yang masuk kategori miskin. Bukan menghilangkan. Di Surabaya ini, saya yakin bu Risma pasti tahu bahwa masih ada yang masuk kategori miskin. Terutama di pinggiran. Jumlahnya masih cukup signifikan,” ujarnya.

Menurutnya, kesejahteraan bisa dicapai dengan memperhatikan faktor kemisikinan, pendidikan, dan kesehatan. Tiga hal itu harus mendapat perhatian dari wali kota yang akan menggantikan Risma pada 2020 mendatang.

Menurutnya, ini adalah tugas berat yang tidak bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Sehingga, perlu mendapat perhatian lebih serius kedepannya.

Nasih pun menegaskan, perguruan tinggi tidak ikut serta dalam kontestasi politik. Kriteria yang dia sebutkan adalah harapan dari dunia akademis. Setidaknya sebagai gambaran nilai yang harus dimiliki seorang pemimpin di ibu kota provinsi Jawa Timur ini.(bas/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Senin, 19 April 2021
32o
Kurs