Minggu, 28 April 2024

Bertemu Gus Ipul dan Anas, PAN Belum Putuskan Dukungan

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Yandri Susanto Wasekjen PAN di gedung DPR RI, Kamis (30/11/2017). Foto : Faiz Fajaruddin suarasurababaya.net

Zulkifli Hasan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) sudah bertemu dengan Saifullah Yusuf dan Abdullah Azwar Anas bakal Cagub-Cawagub Jawa Timur, Rabu (29/11/2017).

Pertemuan berlangsung di kediaman Zulkifli Hasan. Dalam pertemuan tersebut, Gus Ipul-Anas minta dukungan PAN dalam Pilgub Jatim. Tetapi, sampai saat ini, PAN belum bisa memutuskan mendukung Gus Ipul-Anas.

“Jadi bang Zul bertemu Gus Ipul di rumahnya sama Azwar Anas. Ya biasa ngobrol, Gus Ipul minta dukungan dari PAN. Bang Zul waktu itu jawab masih berproses di internal. jadi kita belum putuskan apa kita mendukung Gus Ipul atau tidak,” ujar Yandri Susanto Wasekjen PAN di gedung DPR RI, Kamis (30/11/2017).

Yandri yang saat pertemuan dengan Gus Ipul-Anas mendampingi Zulkifli Hasan mengatakan, meskipun belum memutuskan,tetapi di internal PAN, dukungan lebih mengarakahke Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak.

“Tapi kecenderungan di internal memang ke Khofifah,” kata dia.

Dia mengatakan, kemungkinan PAN akan mengambil keputusan soal dukungannya dalam Pilgub Jatim di Minggu kedua bulan Desember nanti.

“Mungkin Minggu kedua Desember. Dari dua calon ini peluang Gus Ipul masih terbuka. Tetapi dari dinamika di internal kalau nggak ada sesuatu hal yang luar biasa, saya lihat lebih cenderung kepada Khofifah,” tegas Yandri.

Kata dia, pertimbangan PAN cenderung ke Khofifah diantaranya sudah lama membangun komunikasi politik dan kemampuannya tidak diragukan lagi.

“Pertimbangannya banyak, dari sisi komunikasi politik sudah lama terbangun dengan Khofifah, kemudian kemampuannya tidak diragukan lagi untuk membangun Jawa timur dan lain sebagainya,” jelas Yandri.

Dia menjelaskan PAN belum memberikan keputusan dukungan dalam Pilgub Jatim, karena akan berkomunikasi dulu dengan Partai Gerindra dan PKS.

“Belum, makanya kemarin kita sampaikan kepada Gus Ipul kalau kita akan memutuskan nanti setelah berkomunikasi dengan Gerindra dan PKS,” kata dia.

Kalaupun Gerindra dan PKS tidak sama pilihannya dengan PAN, menurut Yandri, paling tidak PAN telah berkomunikasi dengan dua partai tersebut. Tetapi, PAN berharap kalau suara dukungan Gerindra dan PKS akan sama sehingga ketiga partai ini akan bisa memenangkan Pilgub di Jawa Timur.

“Kemana tiga partai ini merapat apakah ke Khofifah atau Gus Ipul. Kalau bisa tiga partai ini sama dukungannya,” pungkas Yandri.(faz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs