Selasa, 7 Mei 2024

Gus Ipul Janjikan Buruh Tembakau Lebih Sejahtera

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Gus Ipul Calon Gubernur Jatim nomor urut 2 saat kunjungi pabrik tembakau di Malang.

Hari pertama kampanye pilgub Jatim 2018, Kamis (15/2/2018) dimanfaatkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) calon gubernur Jawa Timur nomor urut 2 bertandang ke sejumlah lokasi di Malang dan Blitar. Salah satunya di pabrik rokok Toppas di Karang Ploso, Malang. Pabrik di kota apel tersebut memiliki ribuan buruh pabrik yang sudah bekerja selama puluhan tahun.

Kedatangan Gus Ipul mendapat sambutan luar biasa dari para buruh yang hampir semuanya perempuan tersebut. Ketua PBNU itu mengatakan bahwa industri Jawa Timur saat ini sudah sangat maju berkat kontribusi sejumlah sektor. Salah satunya adalah produk olahan.

“Ada dua produk olahan yang mendominasi. Pertama, olahan makanan dan minuman. Kedua, industri tembakau,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan, Jawa Timur termasuk salah satu produsen utama tembakau nasional. Bahkan, 55 persen produksi nasional tembakau ditopang Jawa Timur. Sebanyak 2,6 juta tenaga kerja terserap di industri ini dari hulu ke hilir.

Karena itu, kata Gus Ipul, industri unggulan Jawa Timur tersebut harus terus dikembangkan. Para buruh yang selama ini mendedikasikan diri untuk kemajuan produksi olahan tembakau harus ditingkatkan kesejahteraannya. Sebab, kontributor penting mengapa performa industri olahan tembakau Jawa Timur menjadi primadona.

“Pasar tembakau akan terus kita tingkatkan. Kalau pasarnya meningkat, buruhnya akan semakin sejahtera,” katanya. (bid/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
29o
Kurs