Jumat, 26 April 2024

KPU Jatim Terima 18 Kotak Suara dari Daerah

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Rekapitulasi suara di KPU Surabaya. Foto: Anggi suarasurabaya.net

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa mencatat sebanyak 18 KPU Kabupaten/Kota mengirimkan kotak suara berisi rekapitulasi suara hasil Pilkada Jatim 27 Juni 2018.

“Yang sudah mengirim hingga Kamis (5/7) malam, sebanyak 18 KPU dan menunggu 20 daerah lainnya,” ujar Slamet Setioadji Kabag Hukum, Teknis dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Timur kepada wartawan di Surabaya, Jumat (6/7/2018) seperti dilansir Antara.

Ke-18 KPU kabupaten/kota tersebut yakni Kota Pasuruan, Gresik, Kota Batu, Nganjuk, Probolinggo, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Probolinggo, Ponorogo, Tuban, Sidoarjo, Kota Madiun, Trenggalek, Pasuruan, Bondowoso, Sumenep dan Bangkalan.

Pengiriman kotak suara, kata dia, sesuai jadwal adalah 4-6 Juli dan sehari berikutnya merupakan waktu dimulainya proses rekapitulasi tingkat provinsi.

“Alokasi waktu pengiriman yang sudah kami sediakan sebanyak tiga hari. Harapannya semua bisa segera dikirim,” ucapnya.

Untuk menerima kotak suara yang berisi hasil rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten/Kota, lanjut dia, pihaknya sudah menugaskan seluruh staf agar memberi kemudahan yang akan mengirim hasil rekapitulasi.

“Pelayanannya sampai 24 jam. Ini adalah upaya maksimal yang kami lakukan setiap tahapan, termasuk menjelang rekapitulasi suara,” katanya.

Pilkada Jatim digelar 27 Juni 2018 untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2019-2024 diikuti dua pasangan calon, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dengan nomor urut 1, dan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno nomor urut 2.

Pasangan nomor 1 merupakan calon dari koalisi Partai Demokrat, Golkar, PAN, PPP, Hanura dan NasDem, sedangkan pasangan nomor 2 adalah calon dari gabungan PKB, PDI Perjuangan, PKS serta Gerindra.

Hasil hitung cepat LSI Network menunjukkan kemenangan Khofifah-Emil dengan memperoleh suara sebesar 54,29 persen, sementara itu pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno memperoleh 45,71 persen suara. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs