Minggu, 19 Mei 2024

Pemilih Gus Ipul-Puti Mudik dan Halal Bihalal Sambil Kampanye

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pendukung Gus Ipul-Puti saat mudik lebaran. Foto: Istimewa

Momen Idul Fitri 1439 Hijriah menjadi momen aji mumpung bagi pendukung Saifullah Yusuf (Gus Ipul)- Puti Guntur Soekarno, Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nomor Urut 2 di Pilgub Jatim 2018.

Mereka membuat aksi simpatik di kampung halaman masing-masing di sela-sela larut dalam kegembiraan halalbihalal dan saling bermaaf-maafan dengan keluarga. Beberapa di antara mereka mengajak keluarga memilih Gus Ipul-Puti Guntur.

“Saya selipkan pesan, pilih nomor 2, Gus Ipul-Mbak Puti. Di kertas suara, letaknya di kanan,” kata Suroso pendukung pasangan nomor urut dua warga Panjangjiwo, Surabaya, dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (18/6/2018).

Sebelum Lebaran, Suroso mudik ke Pasuruan. Dia pun berkampanye ke sanak-saudara, tetangga, dan warga di desanya agar ikut memilih pasangan gubernur pilihannya.

“Terutama, saya sampaikan program Gus Ipul-Mbak Puti tentang pendidikan gratis untuk SMA/SMK Negeri,” katanya.

Suroso adalah rakyat biasa. Tiap hari dia bekerja serabutan. Namun, ia pemilih berat Gus Ipul-Puti. Dia menyampaikan dalam kampanye aji mumpungnya, bahwa Gus Ipul dan Mbak Puti akan menguatkan suara untuk Jokowi di Jawa Timur.

Tidak hanya Suroso, sejumlah tokoh politik yang mendukung Gus Ipul-Puti juga menggelar open house, yang mana pada kesempatan itu mereka bertemu dengan warga masyarakat pemilihnya.

“Kami sampaikan, Gus Ipul adalah Calon Gubernur hasil istikharah para kiai sepuh. Mayoritas kiai sepuh merestui sekaligus mendoakan Gus Ipul,” kata Bambang Yuwono Plt. Ketua DPC PDIP Magetan.

Dia juga menjelaskan kepada warganya bahwa Puti Guntur Soekarno merupakan cucu Bung Karno. “Warga banyak mengerti, Mbak Puti cucu Sang Proklamator,” kata Bambang Yuwono.

Moch. Noer Arifin Wakil Bupati Trenggalek, justru berterus terang kepada warga masyarakat. “Pendirian saya, memilih Gus Ipul-Mbak Puti. Ini penghormatan pada Bung Karno dan ulama. Saya juga ajak warga bergabung,” kata Arifin.

Lain halnya dengan Eva Kusuma Sundari anggota DPR RI yang keliing ke Kediri, Tulungagung dan Blitar. Dia bertemu banyak tokoh dan warga masyarakat sambil menyampaikan ajakan untuk memilih Gus Ipul-Mbak Puti.

“Halal bihalal sambil nambah suara Gus Ipul-Mbak Puti. Ini sungguh momen kreatif,” kata Eva.

Fatkhurrahman Ketua DPC PDI Perjuangan Bangkalan juga melakukan hal yang sama. Wakil Ketua DPRD Bangkalan itu kebanjiran tamu keluarga dan masyarakat saat Idul Fitri.

“Kalau di Bangkalan, alhamdullilah Gus Ipul dan Mbak Puti sudah dikenal. Kita mantapkan pilihan keluarga dan warga untuk Pilgub Jawa Timur,” kata dia.

Sri Untari Bisowarno Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur menjelaskan, gerakan atau aksi simpatik ini berlangsung di semua daerah di Jawa Timur. Aksi itu meluas dan menjangkau warga masyarakat di kampung dan di desa.

“Ada yang bagi-bagi stiker, kalender, brosur, kirim pesan WA, memakai kaos nomor 2, atau memberi kode tertentu saat bertemu warga,” kata Untari saat berada di Malang.(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
28o
Kurs