Jumat, 26 April 2024

Program TisTas Khofifah-Emil Janjikan Pendidikan Lebih Berkualitas

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Emil Elestianto Dardak Calon Wakil Gubernur Jawa Timur saat berbagi pengalaman dan gagasan dengan para pengurus dan anak-anak muda Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Bojonegoro, Jumat (2/3/2018). Foto: Istimewa

Emil Elestianto Dardak Calon Wakil Gubernur Jawa Timur mengenalkan program baru yang ia sebut dengan pendidikan gratis dan berkualitas yang disingkat dengan TisTas.

“Jadi kami tidak hanya bicara bagaimana pendidikan menjadi terjangkau dengan sekolah gratis, tapi ada tuntutan lain yang jauh lebih besar yakni kwalitas pendidikan,” kata Emil saat berbagi pengalaman dan gagasan dengan para pengurus dan anak-anak muda Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Bojonegoro, Jumat (2/3/2018).

Itu sebabnya dalam TisTas, kata Emil, dalam domain pemerintah Provinsi kalau dia terpilih, akan memastikan tercapainya target delapan standarisasi pendidikan secara lebih berkwalitas pula. Mulai standarisasi kompetensi guru, manajemen pendidikan hingga sarana dan prasarana sekolah.

“Untuk Sekolah Kejuruan swasta (di Jawa Timur) saja misalnya, ada sekitar 40.000 tenaga pendidikan, apakah sudah dilakukan uji kompetensi apa belum. Lalu ada sekitar 1.700 SMK swasta, apakah sudah terakreditasi apa belum,” kata Emil.

Apabila telah memiliki kompetensi dan akreditasi, kata dia, pihaknya perlu memastikan apakah output pendidikan kejuruan yang ada benar-benar memenuhi standar kualitas selaras dengan dinamika dunia kerja mutakhir.

“Kami akan pastikan juga agar empat dimensi yang ingin dicapai oleh lembaga pendidikan bagi anak didiknya tercapai. Yakni penguasaan pengetahuan, sikap, karakter dan keterampilan. Yang terakhir ini biasa disebut dengan soft skill,” kata Paslon Nomor Urut 1 tersebut.(bid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs