Jumat, 26 April 2024

Selain Sambangi KPK, Khofifah-Emil akan Menyambangi BPK usai Dilantik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih saat berada dalam acara Malam Purna Tugas di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (11/2/2019) malam. Foto: Denza suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak, hari ini, Rabu (13/2/2019), akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur periode 2019-2024.

Prosesi pelantikan yang dipimpin Joko Widodo Presiden, rencananya digelar di Istana Negara, Jakarta, mulai pukul 15.30 WIB.

Informasi dari Sekretariat Presiden, Jokowi juga akan melantik Fachrori Umar sebagai Gubernur Provinsi Jambi untuk sisa masa jabatan periode 2016-2021, menggantikan Zumi Zola yang terjerat kasus korupsi dan sekarang berstatus terpidana.

Zahrul Azhar Asad Juru Bicara Khofifah-Emil mengatakan, selain berkunjung ke Kantor KPK usai dilantik, Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim juga akan mendatangi Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menurutnya, duet Khofifah-Emil meminta dukungan KPK, BPK dan instansi penegak hukum lainnya, supaya bisa mewujudkan pemerintahan Jawa Timur yang bersih dari segala bentuk penyimpangan, khususnya korupsi.

“Rencananya besok, Kamis (14/2/2019), Gubernur dan Wagub Jatim ke BPK, sebelum kembali ke Surabaya. Hari ini jadwalnya ke Kantor KPK bersama Mendagri sesudah dilantik,” kata Juru Bicara Khofifah-Emil yang akrab disapa Gus Hans kepada suarasurabaya.net, Rabu (13/2/2019).

Sekadar diketahui, Jawa Timur termasuk daerah yang rawan korupsi. Sedikitnya ada 13 kepala daerah di Jawa Timur yang berurusan dengan KPK karena terlibat praktik korupsi.

Sejumlah kepala daerah itu antara lain, Fuad Amin Imron Bupati Bangkalan, Bambang Irianto Wali Kota Madiun, Mas’ud Yunus Wali Kota Mojokerto, Eddy Rumpoko Wali Kota Batu, Taufiqurrahman Bupati Nganjuk, dan Nyono Suharli Wihandoko Bupati Jombang.

Kemudian, Mochammad Anton Wali Kota Malang, Syahri Mulyo Bupati Tulungagung, Mustofa Kamal Pasa Bupati Mojokerto, Rendra Kresna Bupati Malang, dan Setiyono Wali Kota Pasuruan. (rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs