Rabu, 27 Mei 2020

Presiden Idaman Pengikut Twitter

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Warga dunia maya khususnya twitter ternyata memiliki cara berbeda untuk menentukan siapa presiden yang layak mereka pilih. Selain populer, kicauan calon merupakan modal utama bagi mereka untuk mengikuti atau bahkan mem-bully (mengolok–red) sang calon.

Penelusuran suarasurabaya.net, dari sekian nama yang sering dibicarakan publik sebagai kandidat kuat calon presiden, ternyata nama Dahlan Iskan adalah yang paling banyak memiliki pengikut.

Hingga Sabtu (18/1/2014) pukul 12.00 WIB misalnya, akun @iskan_dahlan, telah memiliki 868.532 orang followers. Dahlan sebenarnya tak begitu banyak berkicau, tapi strategi untuk hanya bermain di satu akun, mungkin menjadi cukup jitu sehingga kicauannya selalu mengundang banyak komentar.

Apalagi, Dahlan ternyata juga tak memiliki akun facebook, sehingga para pengikutnya hanya terfokus di satu akun yaitu @iskan_dahlan.

Di urutan ke-dua setelah Dahlan, nama yang paling banyak memiliki pengikut adalah Muhammad Jusuf Kalla. Di akun @Pak_JK, Mantan wakil presiden ini setidaknya memiliki 649,659 pengikut dengan jumlah kicauan sebanyak 1.428 buah.

Prabowo Subianto, yang merupakan calon presiden dari Partai Gerindra berada di urutan ke-tiga. Di akun @prabowo08, mantan danjen kopassus itu memiliki 534.989 pengikut dengan jumlah following mencapai 2.014, dan jumlah kicauan mencapai 6.958.

Meski banyak pengikut, Prabowo ternyata tak begitu aktif di twitter. Kicauan terakhirnya dilakukan pada 31 Desember 2013. Saat itu dia menulis “2014 – Semoga menjadi tahun kita, Bangsa Indonesia, bangkit kembali menjadi Macan Asia yang bersih, kuat, berwibawa dan berdikari. Aamiin.”

Gita Wirjawan, yang merupakan salah satu peserta konvensi partai Demokrat dalam akunnya di @GWirjawan, juga memiliki pengikut yang mencapai 475,522. Gita merupakan salah satu peserta konvensi demokrat yang banyak berkicau dengan jumlah Tweets mencapai 2.777.

Bahkan, sebelum tulisan ini diturunkan, Gita terpantau menuliskan kicauan “Indonesia rentan akan bencana alam, terlebih lagi seperti musim hujan sekarang ini. Jaga kesehatan dan tetap semangat.”

Sementara Mahfud MD, di akun @mohmahfudmd juga tak mau ketinggalan. Mahfud juga termasuk aktif berkicau meskipun sebagian besar dari kicauannya hanya copy link berita. Hingga saat ini, Mahfud memiliki pengikut mencapai 442,691 followers dengan jumlah tweets sebanyak 4,309.

Di bawah Mahfud, ada nama Aburizal Bakrie, calon presiden dari Partai Golkar. Di akun @aburizalbakrie, Ketua Umum DPP Partai Golkar ini memiliki jumlah pengikut mencapai 346.177 dengan jumlah kicauan mencapai 4.472.

Lantas, dimanakah posisi Joko Widodo, Gubernur DKI yang diprediksi banyak lembaga survei sebagai capres terkuat ?. Jokowi ternyata tak bergitu beruntung di dunia maya. Bahkan meski Jokowi memiliki tiga akun, tetap saja jumlah pengikutnya tak begitu banyak.

Penelusuran suarasurabaya.net, Jokowi setidaknya memiliki akun @jokowii_RI1 yang hanya memiliki 11.856 pengikut. Selain itu di @JokowiCentre ternyata juga hanya memiliki 21.272 pengikut. Begitu juga di @Jokowi_ID yang memiliki 23,266 pengikut.

Sementara beberapa nama calon presiden lainnya, ternyata tak begitu memanfaatkan twitter. Megawati misalnya, dia juga tidak berkicau di twitter. Sedangkan calon lainnya, memiliki akun twitter tapi jumlah pengikutnya tak begitu banyak. (fik/ipg)

Teks Foto :
– Ilustrasi

NOW ON AIR SSFM 100

Emma Rachmawati

Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang di Exit Tol Dupak

Kepadatan di Pasar Wadungasri

Truk Muat Jeruk Terguling

Mobil Box Terguling di MERR

Surabaya
Rabu, 27 Mei 2020
31o
Kurs