Kamis, 25 Juli 2024

Jokowi Menepis Anggapan Ma’ruf Amin Tidak Mendongkrak Elektabilitas

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi dan KH Ma'ruf Amin pasangan calon presiden nomor urut 01 memberikan keterangan usai makan siang bersama di Rumah KH Ma'ruf, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018). Foto: Farid suarasurabaya.net

Joko Widodo calon presiden nomor urut 01 menepis anggapan KH Ma’ruf Amin calon wakil presiden pendampingnya tidak punya pengaruh signifikan meningkatkan elektabilitas, jelang Pilpres 2019.

Menurut Jokowi, KH Ma’ruf punya basis massa khususnya dari kalangan ulama dan santri, yang akan mendongkrak perolehan suara.

Selain itu, lanjut Jokowi, hasil survei sejumlah lembaga survei mengungkapkan hipotesis adanya peningkatan elektabilitas duetnya dengan Kiai Ma’ruf.

“Siapa bilang (KH Ma’ruf) tidak mendongkrak elektabilitas? Hasil survei beberapa lembaga kan kelihatan, elektabilitas pasangan nomor 01 meningkat,” ujarnya di kediaman KH Ma’ruf Amin, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (28/12/2018).

Sebelumnya, Para Syndicate merilis hasil survei yang menyatakan tren elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf mengalami penurunan.

Salah satu faktor penyebabnya, belum ada pembagian peran yang baik antara Jokowi dan Ma’ruf Amin. Kemudian, figur Ma’ruf Amin yang sebelumnya menjabat Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), juga dinilai belum bisa menambah elektabilitas.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengatakan belum membahas dengan KH Ma’ruf terkait persiapan debat perdana pasangan capres yang rencananya digelar 17 Januari 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan.

“Belum ada persiapan khusus. Debatnya juga masih lama. Kalau dibahas sekarang, nanti begitu debat bisa lupa karena terlalu lama. Tadi saya dengan Kiai Ma’ruf cuma makan siang,” tegasnya. (rid/dim/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs