Jumat, 24 Mei 2024

Akseptabilitas Sandiaga Lebih Unggul Dari Ma’ruf di Jatim

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Sandiaga Uno Calon Wakil Presiden Nomor urut 02 lebih unggul dari Ma’ruf Amin Calon Wakil Presiden nomor urut 01 di Jawa Timur akseptabilitas versi hasil survey Surabaya Survey Center (SSC).

SSC merilis, Cawapres nomor urut 01 mendapat 60,8 persen akseptabilitas. Sedangkan, Cawapres nomor urut 02 mendapat 62,6 persen akseptabilitas. Sedangkan, untuk popularitasnya, Maruf Amin masih memimpin di angka 72,2 persen dan Sandiaga di angka 71,6 persen.

Surokim Abdussalam Peneliti SSC mengatakan, perolehan angka dari masing-masing cawapres tersebut memang tidak terlalu signifikan karena masih bertaut 1-2 persen saja. Namun, ia menyoroti hal menarik terkait sosok Ma’ruf Amin yang ternyata dari segi akseptabilitas masih kalah dari Sandiaga.

“Yang menjadi menarik adalah terkait Maruf Amin. Meskipun di Jawa Timur yang mayoritas santri, namun tingkat akseptabilitasnya justru kalah dengan sosok Sandiaga Uno. Meski demikian, selisih keduanya juga tidak banyak, hanya terpaut 1,8 persen, masih masuk di dalam margin of error,” kata Rokim ketika merilis hasil survey SSC di salah satu hotel Surabaya pada Rabu (9/1/2019).

Sedangkan, untuk calon presiden, Jokowi masih menempati nilai tertinggi dengan 97,7 persen popularitas dan 89,2 persen akseptabilitas. Sedangkan Prabowo Subianto menyimpan 94,5 persen popularitas dan 75,5 persen akseptabilitas.

Sebagai informasi, Survei yang dirilis oleh SSC ini dilaksanakan pada 10-20 Desember 2018 di 38 Kab/Kota di Jawa Timur. Riset dilakukan kepada 1070 responden melalui teknik stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih sebanyak 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (bas/dim/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Jumat, 24 Mei 2024
30o
Kurs