Senin, 6 Mei 2024

Debat Capres Seri Kedua Diprediksi Lebih Seru Daripada Debat Seri Pertama

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Desain grafis: Tim grafis suarasurabaya.net

Beberapa jam lagi, debat calon presiden seri kedua akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta. Berbagai persiapan masih dilakukan media penyelenggara, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Debat kedua ini, bertema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur.

Nantinya, debat antara Joko Widodo versus Prabowo Subianto yang dijadwalkan mulai pukul 20.00 WIB, dipandu Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki selaku moderator.

Moeldoko Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin pasangan calon presiden nomor urut 01 mengatakan, Jokowi siap adu argumen dengan Prabowo.

Dia memprediksi, debat kali ini lebih seru ketimbang debat pertama, 17 Januari 2019, dengan tema Hukum, Hak Asasi Manusia, Korupsi dan Terorisme.

Mantan Panglima TNI itu bilang, Jokowi akan memanfaatkan kesempatan ini untuk menjelaskan berbagai isu miring soal pembangunan infrastruktur, energi dan isu lain terkait tema debat, kepada masyarakat.

“Prediksi saya, debat kedua ini oebih seru dan lebih menarik. Karena, Pak Jokowi bisa meluruskan isu-isu seputar infrastruktur, energi, lingkungan dan yang terkait tema debat,” ujarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Sekadar diketahui, ada enam segmen dalam debat capres seri kedua yang total durasinya dua jam.

Segmen pertama, masing-masing capres mendapat kesempatan menyampaikan visi dan misinya.

Pada segmen kedua, moderator mengajukan pertanyaan bertema infrastruktur kepada capres 01 (Jokowi). Nantinya, Jokowi punya waktu dua menit untuk menjawab pertanyaan itu.

Kemudian, capres nomor urut 02 (Prabowo) berkesempatan menanggapi jawaban Jokowi selama satu menit. Lalu, tanggapan Prabowo bisa direspon lagi oleh Jokowi selama satu menit.

Selanjutnya, giliran capres nomor 02 menjawab pertanyaan yang dibacakan moderator. Jokowi nantinya bisa menanggapi jawaban itu dan ditanggapi kembali oleh Prabowo.

Pertanyaan dengan tema energi dan pangan yang harus dijawab dan ditanggapi tiap capres juga akan berlangsung dalam segmen kedua debat capres.

Segmen ketiga, pendalaman visi dan misi capres dengan tema sumber daya alam dan lingkungan hidup, dengan pola yang sama seperti segmen kedua, di mana jawaban capres 01 bisa ditanggapi capres 02, dan begitu juga sebaliknya.

Segmen keempat adalah debat eksploratif, di mana pertanyaan dari panelis diaktualisasikan dalam bentuk video, yang sudah dipilih Ketua KPU di segmen pertama.

Total durasi debat eksploratif 16 menit. Moderator berhak mengatur jalannya debat supaya memberikan esensi debat dan menjaga keberimbangan masing-masing capres.

Di segmen keempat, masing-masing capres punya kesempatan untuk menanggapi jawaban.

Segmen kelima adalah debat inspiratif, di mana tiap capres dapat kesempatan saling bertanya seputar tema dan saling menanggapi, dengan total durasi sekitar 18 menit.

Dan, segmen keenam (terakhir), adalah penyampaian kata-kata penutup dari masing-masing capres. (rid/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
26o
Kurs