Sabtu, 27 April 2024

Angka Golput Surabaya Menurun Dalam Pileg 2014

Laporan oleh Teguh Ardi Srianto
Bagikan

Angka golongan putih atau golput dalam pemilu legislatif (pileg) 2014, cenderung menurun dibanding pileg 2009 lalu.

Eko Waluyo Swardyono Ketua KPU Surabaya mengatakan ini, sesudah menetapkan rekapitulasi penghitungan suara pileg 2014, di Kantor KPU Surabaya, Selasa (22/4/2014).

Menurut Eko, kalau dalam pileg 2009 lalu, angka partisipasi pemilih hanya 48 persen, tapi untuk 2014 angkanya meningkat jadi sekitar 62 persen dari total daftar pemilih tetap di Surabaya yang mencapai 2.013.000.

Dikatakan Eko, meningkatnya angkat pemilih itu, tidak lepas dari upaya sosialisasi yang dilakukan KPU Surabaya ke masyarakat dengan menyesuaikan kelompok sosial yang ada di masyarakat. “Kelompok yang disosialisasi KPU Surabaya, diantaranya kelompok perempuan, agama, difabel, daerah pinggiran dan pemilih pemula,” jelas Eko.

Selain itu menurut Eko, kampanye yang dilakukan masing-masing caleg, juga berdampak pada meningkatnya jumlah pemilih dalam pemilu legislatif 2014. “Mereka saling berlomba antar caleg untuk mengerahkan massa pendukungnya, sehingga akan berdampak pada jumlah pemilih,” ujar Eko.

Eko mengatakan, meski angka partisipasi pemilih di Surabaya masih jauh dari target KPU Pusat yang menghendaki jumlah pemilih bisa sampai 75 persen, tapi dia tetap menilai partisipasi masyarakat masih lebih bagus. “Partisipasi pemilih yang mencapai 62 persen dari DPT, masih lebih bagus dibanding waktu Pilgub Jatim digelar, yang partisipasinya hanya sekitar 52 persen,” jelas Eko.

Meski ada peningkatan partisipasi pemilih, Eko mengatakan, KPU Surabaya tetap akan mengejar target KPU Pusat, dalam setiap penyelenggaraan pemilu, diantaranya pelaksanaan pemilu yang baik dan peningkatkan partisipasi pemilih sampai 75 persen dari jumlah DPT yang ada.

“Kondisi di Surabaya masih lebih bagus, karena jumlah partisipasi pemilih yang mencapai 62 persen itu, merupakan angka yang tinggi untuk kota metropolis,” papar Eko Waluyo Swardyono Ketua KPU Surabaya. (tas)

Teks Foto :
– Eko Waluyo Swardyono Ketua KPU Surabaya waktu menetapkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pileg 2014, di KPU Surabaya, Selasa (22/4/2014).
Foto : Teguh suarasurabaya.net

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs