Kamis, 2 Mei 2024
Dugaan Money Politik di Masa Tenang

Gelontoran Rp20 Ribuan Ditemukan di Kediri

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kediri temukan dugaan money politik yang digelontorkan salah satu calon anggota legislatif sehari jelang pencoblosan.

”Panwaslu Kediri sudah laporkan ke kami, dan saat ini sedang di proses,” kata Sufyanto, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur, Selasa (8/4/2014).

Temuan dugaan money politik ini, kata Sufyanto ditemukan Selasa petang tadi di Dusun Pesantren, Desa Janti, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri.

Temuan ini, kata dia, berupa beberapa amplop yang masing-masing berisi uang pecahan Rp20 ribu, yang di dalamnya disertai ajakan untuk memilih salah satu calon anggota DPRD Kabupaten Kediri dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kediri satu.

Atas temuan ini, Panwaslu Kabupaten Kediri berencana melayangkan surat pemanggilan bagi caleg terkait, serta tim sukses serta saksi yang menerima uang.

“Sidang dugaan money politik ini akan digelar pada 10 April mendatang di Kediri. Saya kemungkinan akan datang ke sana untuk ikut sidang ini,” kata Sufyanto.

Jika terbukti, maka yang bersangkutan bisa dipidana karena melanggar peraturan KPU nomor 15 tahun 2013 tentang pemilu. (fik/ipg)

Teks Foto:
– Ilustrasi

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs