Senin, 29 April 2024

Penyebab Bau Mulut Meski Sudah Sikat Gigi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pinterest

Ahli kesehatan mengatakan, menyikat gigi menjadi salah satu cara mengurangi bau mulut terutama saat berpuasa. Namun, terkadang cara ini tidak efektif dalam kondisi tertentu.

“Bau mulut salah satu penyebabnya sisa-sisa makanan membusuk. Cek juga jangan-jangan ada lubang gigi kemasukan kotoran lalu terjadi pembusukan,” kata drg. Nada Ismah, Sp.Ort Spesialis ortodonti dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI), di Jakarta belum lama ini.

Menurut dia, lubang di bagian gigi terutama bagian belakang kerapkali baru disadari saat sudah menimbulkan keluhan.

Segera menambal lubang itu adalah keputusan yang benar.

“Lubang gigi penyebanya kotoran yang tidak dibersihkan, bisa merusak email hingga dentin. Masalahnya, kalau letaknya di belakang, biasanya terabaikan,” kata Nada kepada Antara.

Selain masalah lubang di gigi, karang pada gigi juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Nada menganjurkan tetaplah menyikat gigi dengan cara yang benar. Juga tidak lupa perbanyak meminum air putih dan gunakan obat kumur bila perlu.

“Sikat gigi khususnya setelah sahur dan sebelum tidur, khawatir terselip makanan. Obat kumur boleh tapi pilih yang tidak ada alkohol, karena bisa membuat mulut kering,” katanya. (ant/tna/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs