Selasa, 28 Mei 2024

Gim Daring Anak Cerdas Ajarkan Literasi Finansial Sejak Dini

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi.

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si mengatakan, bahwa sebaiknya anak sudah dikenalkan literasi finansial sejak dini.

“Anak akan belajar bagaimana mendapatkan uang dan mengeluarkan uang itu dengan cerdas dan tidak impulsif,” jelas Anna saat peluncuran Inklusif Gim daring Edutech “Anak Cerdas” di Jakarta, Selasa (6/11/2018).

Ia mengakui saat ini anak-anak cenderung sulit melepaskan diri dari teknologi. Oleh karena itu, pembelajaran literasi finansial berbasis gim daring dapat menarik minat mereka.

“Gim ini memiliki sejumlah fitur menarik, antara lain kelas 3: JA (Junior Achievement) Ourself, kelas 4: JA Our Community, dan kelas 5: JA Our City. Masing-masing JA ini terdapat lima sesi, yakni ‘Ini atau Itu? Pilihan, kebutuhan dan keinginan, mendapatkan uang, menabung uang, atau membagi uang,” papar Robert Gardiner Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia.

Misalnya saja, dalam sesi menabung uang. “Setiap kali anak menggeser panah, dia akan mendapatkan pengertian menabung. Hingga akhirnya, saat bermain. Pilih uang berdasarkan dadu, dan menghitung jumlah keseluruhannya. Edutech Anak Cerdas ini mengajarkan kolaborasi earning, saving, spending, dan donating, sekaligus budaya,” kata Robert.

Dilansir Antara, gim daring Edutech Anak Cerdas yang diluncurkan oleh HSBC Indonesia bersama Prestasi Junior Indonesia ini diharapkan dapat diterapkan dalam kurikulum pendidikan di Sekolah Dasar.

“Diharapkan edutech Anak Cerdas ini dapat dimanfaatkan sebagai akselerator program literasi keuangan di 67 sekolah di 15 kota di Indonesia,” ujar Nuni Sutyoko Head of Corporate Sustainability Bank HSBC Indonesia. (ant/nin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Kurs
Exit mobile version