Sabtu, 25 Mei 2024

Hadirkan Kika Sprangers Quintet Belajar Budaya dan Pendidikan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kika Sprangers saat bersiap tampil di auditorium Bendictus kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Rabu (14/11/2018) menghadirkan kelompok musik jazz asal Belanda, Kika Sprangers Quintet, sebagai bagian belajar tentang budaya sekaligus belajar pendidikan.

“Karena belajar tentang budaya dapat dilakukan dengan menyaksikan pertunjukan musik seperti yang ditampilkan kelompok jazz asal Belanda, Kika Sprangers Quintet ini. Mereka melakukan debut sebagai large ensemble untuk penyelesaian tugas akhir pada tahun 2016 yang lalu. Quintet ini merupakan bagian dari large ebsemble tersebut,” terang Vonny Wiyani Humas UKWMS.

Bekerjasama dengan Yayasan Caraka Mulia serta Erasmus Huis, kelompok jazz dengan Kika Sprangers sebagai peniup saksofon, dipastikan memberikan penampilan terbaiknya untuk masyarakat serta mahasiswa yang hadir.

Kelompok yang beranggotakan Willem Romers pada drums, Manuel Wouthuijsen pada Piano dan Keyboard, Eric Sarti pada Gitar, dan Dany van Ruitenburg pada bass, dengan Kika Sprangers ini cukup dikenal di Belanda.

Beberapa pentas jazz di Belanda mencatat penampilan mereka. Jazz Festival Rotterdam, Tivoli Vredenburg, Cloud Nine Utrecht serta Grantefestival Amsterdam pernah disinggahi kelompok anak muda ini.

“Kami memang pernah tampil di Belanda, disejumlah pentas. Kami juga ingin mengenal negara lain, dan kami ingin menampilkan musik kami. Musik sangat universal,” terang Kika saat ditemui suarasurabaya.net sebelum pementasan.

Ditanya musisi jazz yang menginspirasi penampilan Kika Sprangers Quintet, Kika spontan menjawab bahwa ada banyak musisi jazz maupun bukan jazz yang menginspirasi penampilannya bersama kelompok quintetnya ini.

“Mungkin tidak cukup waktu satu jam itu untuk membicarakan kelompok jazz atau musisi jazz yang menginspirasi penampilan kami. Kami masing-masing punya inspirasi sendiri-sendiri dalam bermusik di kelompok ini. Ada banyak yang menginspirasi,” ujar Kika.

Rabu (14/11/2018) kelompok jazz kontemporer asal Belanda ini tampil di auditorium Benedictus kampus Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.(tok/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
29o
Kurs