Selasa, 23 April 2024

Jangan Lupa Minum Air Hari Ini

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: hellosehat.com

Air merupakan salah satu komponen kehidupan terpenting, bukan hanya bagi manusia, tapi seluruh makhluk hidup. Namun sebagian orang kerap kali abai dengan gaya hidup dan asupan yang diterima tubuhnya, terutama perkara minum.

Padahal kebiasaan abai minum ini sangat berbahaya bagi kesehatan loh. Berikut bahaya kesehatan yang disebabkan kurang minum air putih.

Mengganggu Fungsi Otak

Mengganggu fungsi otak. Hal in erat kaitannya dengan dehidrasi. Kurang minum putih, berarti kita kekurangan asupan air dalam tubuh kita. Hal tersebut tentu menghambat asupan oksigen yang mengarah ke otak, sehingga oksigen yang masuk ke otak jadi sangat sedikit dan kurang.

Kurangnya oksigen ke otak menimbulkan sel-sel otak menjadi tidak berkembang bahkan tidak aktif. Hal-hal inilah yang menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi, gagal fokus, sampai kasus telmi (telat mikir).

Radang Sendi

Siapa sangka perkara yang kerap kali disepelekan ini mampu mengundang beberapa penyakit berbahaya. Salah satunya yakni radang sendi.

Jika diibaratkan mesin motor, air adalah pelumas bagi persendian. Biasanya radang sendi terjadi ketika kadar air di sendi kurang dari 80%. Hal tersebut akan membuat persendian cenderung kering dan membuat permukaan tulang rawan nyeri karena kekurangan pelumas saat terjadi gesekan atau pergerakan yang melibatkan sendi.

Kulit Kering

Selain mengganggu keseimbangan dalam tubuh, kurang minum air putih juga akan berakibat pada tubuh bagian luar, yakni kulit.

Menjadi bagian pertama yang terpapar sinar matahari, kulit menjadi salah satu bagian yang paling butuh dihidrasi. Tentu jika kita kurang minum maka kulit akan menjadi kering dan kusam.

Se;aom itu, kurang asupan air putih juga akan menyebabkan resistensi dan fungsi enzim tidak mampu bekerja dengan baik, sehingga kulit akan menjadi kasar dan kering karena lapisan luar yang rusak.

Sakit Ginjal

Kasus satu ini memang merupakan akibat jangka panjang dari kekurangan minum air putih.

Ginjal merupakan organ penyaring racun sebelum diolah dan dikeluarkan menjadi air seni. Otomatis, ketika kita kurang minum, ginjal akan bekerja lebih keras dan memaksa. Kemudian sisa kotoran akan menumpuk di ginjal karena tidak bisa dikeluarkan dengan baik oleh kandung kemih.

Hal ini dapat menimbulkan beberapa penyakit seperti kencing batu, sampai infeksi kandung kemih.

Nah, ternyata kurang minum air dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan secara bersamaan, entah itu permasalahan ringan, sampai yang riskan sekaligus. Jadi, jangan lupa minum air hari ini. (dim/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
30o
Kurs