Kamis, 11 Agustus 2022

Kate Lahirkan Bayi Laki-laki sebagai Pewaris Tahta Kelima Kerajaan Inggris

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Kate Middleton dan Pangeran William bersiap meninggalkan Rumah Sakit St Mary's di London, Selasa (24/4/2018). Foto: Instagram @kensingtonroyal

Kate, istri Pangeran William, telah melahirkan seorang bayi laki-laki di sebuah rumah sakit di London, Selasa (23/4/2018). Kelahiran ini merupakan kelahiran anak ketiga pasangan keluarga kerajaan Inggris itu dan berada pada urutan kelima dalam daftar pewaris tahta Kerajaan Inggris.

Istana Kensington menyebutkan, bahwa si jabang bayi lahir pukul 10.01 GMT atau 17.01 WIB dengan berat 3,8 kg. Sang bayi dilahirkan di Rumah Sakit St Mary’s di London barat di mana dua putra terdahulu pasangan kerajaan itu, George dan Charlotte, juga dilahirkan.

“Sang Putri Kerajaan dan putranya sama-sama dalam keadaan baik,” kata Istana Kensington seperti dikutip Reuters.

Ratu Elizabeth, Pangeran Charles yang merupakan kakek si bayi dan anggota keluarga kerajaan lainnya serta keluarga Kate telah diberi tahu soal kelahiran ini dan bahagia mengetahui kabar itu. Bayi laki-laki ini adalah cicit keenam sang ratu Inggris dan berada di belakang dua saudaranya.

Antara melansir, urutan tahta pewaris kerajaan sejak kelahiran anak ketiga ini menjadi kakek mereka Putra Mahkota Charles, ayah mereka William, Pangeran George (4) dan Putri Charlotte (2) serta putra kedua mereka yang baru lahir.

Undang-undang baru pada 2013 mengharuskan untuk pertama kalinya dalam sejarah Inggris, si pangeran baru tidak akan melewati kakak perempuannya dalam daftar pewaris tahta. Sebelumnya anak laki-laki termuda sekalipun yang lahir kemudian bisa langsung menyalip kakak perempuannya dalam daftar pewaris tahta.

Adik William, Pangeran Harry, yang akan menikahi aktris AS Meghan Markle bulan depan, turun ke urutan enam dalam daftar itu.

Istana Kensington menyebutkan bahwa nama anggota baru keluarga kerajaan ini akan diumumkan dalam waktu dekat. Para petaruh memprediksi Albert, Arthur, Jack dan Fred menjadi nama favorit jika bayi terlahir laki-laki.

Pengumuman resmi kelahiran itu dibuat dengan menempatkan pemberitahuan di papan pekarangan rumah ratu di London, Istana Buckingham. Hal ini menjadi tradisi yang sudah diberlakukan sejak istana ini ditetapkan sebagai kediaman resmi raja atau ratu pada 1837.

“Selamat terhangat saya untuk Duke dan Duchess of Cambridge atas kelahiran putra laki-laki mereka, saya mendoakan mereka bahagia selalu di kemudian hari,” kata Theresa May Perdana Menteri Inggris. (ant/tna/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Kamis, 11 Agustus 2022
28o
Kurs