Kamis, 25 April 2024

Tips Cegah dan Tangani Penyakit Varises

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: hellosehat.com

Penyakit varises bisa membahayakan penderitanya karena menyebabkan serangan jantung. Dr Achmad Faisal SpBTKV Spesialis bedah toraks dan kardiovaskular dari RS Pondok Indah mengatakan, di luar faktor keturunan, sebenarnya varises bisa dicegah.

Dilansir dari Antara, varises bisa dicegah dengan menjaga berat badan ideal, menghindari menyilangkan kaki saat duduk dan rutin berolahraga untuk menguatkan otot kaki.

Selain itu, usahakan lakukan peregangan kaki secara rutin apalagi jika sudah duduk terlalu lama.

“Jika harus berdiri lama, pindahkan beban dari satu kaki ke kaki lainnya setiap beberapa menit,” tutur Faisal, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/4/2018).

Cara lain mencegah varises adalah menghindari celana terlalu ketat terutama di pangkal paha, serta bijak dalam menggunakan sepatu bertumit tinggi dan tidak lupa mengkonsumsi makanan tinggi vitamin serta serat.

Faisal mengungkapkan, ada sejumlah cara yang bisa penderita lalukan untuk menangani penyakit varises, seperti menggunakan perban elastis, stoking, menjalani sclerotherapy, mini phlebectomy atau terapi laser.

Varises yang tak ditangani mengakibatkan peningkatan rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan pada pembuluh darah.

“Penggumpalan darah dapat terbentuk di vena dalam, menyebabkan penyumbatan aliran darah kembali ke jantung. Penggumpalan darah itu dapat terlepas dan mengikuti aliran darah, yang dapat berpotensi menjadi emboli paru yang sangat fatal,” kata Faisal. (ant/tna/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs