Sabtu, 20 April 2024

Eksplor Kediri, Kediri Bumi Panji Amestuti Budaya Leluhur, Angesthi Misuwur

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kesenian Jarana Dor adalah satu diantara seni tradisional asli Kediri. Foto: Vivahotel

Mengeksplor dan menampilkan berbagai seni dan budaya tradisi Kediri, Jumat (12/4/2019) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Budaya Jawa Timur gelar Kediri Bumi Panji Amestuti Budaya Leluhur, Angesthi Misuwur. Sebuah gelar kesenian daerah Kediri.

Sukatno Kepala UPT TBJ menyampaikan bahwa kegiatan Kediri Bumi Panji Amestuti Budaya Leluhur, Angesthi Misuwur, menggali dan menampilkan beragam seni dan budaya asli Kediri kepada masyarakat luas.

“Ini adalah bagian dari Gelar Seni Budaya Daerah Jawa Timur 2019. Bulan ini kami mengeksplor Kediri dengan beragam penampilan seni budaya tradisi yang dimiliki Kabupaten Kediri. Semua kami tampilkan di pentas Taman Budaya Jawa Timur,” terang Sukatno.

Tidak hanya beragam kesenian dan kebudayaan, lanjut Sukatno di sekitar lokasi dalam Taman Budaya Jawa Timur ditampilkan beraneka produk lokal Kediri yang menjadi unggulan. Mulai dari kerajinan tangan hingga beberapa jenis kuliner khas Kediri.

Pementasan eksplorasi Kediri ini dijadwalkan digelar selam adua hari, mulai Jumat (12/4/2019) sampai dengan Sabtu (13/4/2019). “Dan pengunjung bisa menikmati berbagai jenis seni budaya dan tradisi khas Kediri ini secara cuma-cuma,” tambah Sukatno.

Sementara itu, Gelar Seni Budaya Daerah Jawa Timur adalah upaya mengangkat serta menggali berbagai seni budaya khas dan tradisi daerah-daerha di Jawa Timur, yang tentu saja masing-masing daerah memiliki ke khasan yang tidak sama antara satu daerah dan daerah lainnya.

“Oleh karena itu, kami setiap bulan menggelar kegiatan ini dan tentu saja dengan daerah-daerah yang berbeda dari Jawa Timur. Harapannya agar kesenian daerah, kesenian tradisional itu tetap terjaga dan ada. Ini juga upaya untuk nguri-uri tradisi negeri sendiri,” pungkas Sukatno.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs