Sabtu, 15 Juni 2024

Membingkai Surabaya Asah Keterampilan Eksekusi Obyek Foto Lanjut Pameran

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara mahasiswi Prisma Profesional melihat foto-foto karya mahasiswa yang dipamerkan. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan karya foto dipamerkan mahasiswa Prisma Profesional, Senin (29/4/2019) di kampus, sebagai bagian melatih keterampilan mengeksekusi sebuah obyek foto yang diberi tajuk: Membingkai Surabaya.

Puluhan karya foto itu sesuai penugasan, memilih obyek sejumlah tempat di Kota Surabaya. Diantaranya adalah kawasan Pasar Pabean, peristiwa Parade Bunga dan Budaya, serta kawasan Pantai Kenjeran.

Karya foto itu tampil menarik dalam bingkai-bingkai warna hitam, yangdipamerkan di sepanjang lobyy utama kampus Prisma Profesional yang berada di kawasan kompleks Mangga Dua Jl. Jagir Wonokromo nomor 100, Surabaya.

Sebuah foto memilih obyek penjual Bawang Merah yang berada di Pasar Pabean, Surabaya dan diberi judul: Berkah dari Ratusan Bawang Merah. Foto karya Balqis tersebut menampilkan penjual komoditas Bawang Merah yang tidak sedikit di satu diantara pasar tua di Kota Surabaya tersebut.

Akbar Insani pengajar mata kuliah Photografi & Doc., menyampaikan bahwa seringkali para mahasiswa tidak memilih obyek yang sesuai dan tepat dalam penugasan, lantaran banyaknya obyek menarik saat berada di lapangan.

“Karena itu kami berikan kesempatan bagi mahasiswa untuk hunting di lapangan lalu mendiskusikannya, dna kemudian memilih obyek-obyek menarik di lapangan. Atau jika tidak, mereka wajib membuat list obyek-obyek menarik yang akan meraka eksekusi. Ini memudahkan saat hunting di lapangan,” terang Akbar Insani.

Sekurangnya 22 foto yang lolos kurasi dan dipamerkan merupakan karya-karya yang sebelumnya sudah dilakukan penentuan tema atau obyek yang ingin di eksekusi dalam rangka penugasan mata kuliah Photografi & Doc.

“Penugasan ini, yang diawali dengan hunting, dilanjutkan dengan pameran karya, merupakan bagian dari tugas mata kuliah Photografi & Doc, sekaligus juga adalah ujian akhir catur wulan II mata kuliah Photografi & Doc., seluruh peserta kuliah wajib ikut,” pungkas Akbar Insani, Senin (29/4/2019).(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
26o
Kurs