Senin, 19 April 2021

Mempererat Hubungan Dua Negara Lewat Festival Film

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Chris Barnes Konsul Jenderal Australia di Surabaya. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Mempererat hubungan bilateral antar negara bisa dilakukan lewat banyak hal, salah satunya Festival Film. Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) 2019 salah satunya. Festival yang diadakan oleh Pemerintah Australia di Indonesia ini memutarkan film-film sineas Australia dan Indonesia dalam satu festival.

Digelar di beberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Mataram, Makassar, Bandung, dan Surabaya. Surabaya sendiri mendapatkan giliran terakhir dan digelar sejak Jumat (29/3/2019) hingga Minggu (31/3/2019) di CGV Marvel City.

Chris Barnes Konsul Jenderal Australia di Surabaya mengatakan, festival ini rutin digelar sebagai bagian dari upaya mempererat hubungan diplomasi antara Australia dan Indonesia.

“Kami juga mengundang sineas Indonesia jika ingin membuat film, bisa ikut acara-acara kami dan berbicara soal ini,” ujar Chris ketika berbicara dalam pembukaan FSAI 2019 di CGV Marvel City, Surabaya pada Jumat (29/3/2019) malam.


Jadwal film yang diputar di Festival Sinema Australia Indonesia (FSAI) 2019 di CGV Marvel City, Surabaya.

Film-film Indoneaia yang diputar dalam festival ini adalah film yang memiliki koneksi dengan Australia. Tahun ini, Mira Lesmana Sineas Indonesia dipilih menjadi Duta FSAI. Dua filmnya yaitu Ada Apa Dengan Cinta dan Ada Apa Dengan Cinta 2 juga mendapat kehormatan diputar dalam festival ini. Sebelumnya, Mira Lesmana memang pernah belajar film di negeri Kanguru tersebut.

Film Storm Boy juga akan diputar di FSAI 2019. Sebuah film keluarga klasik Australia yang menceritakan tentang persahabatan seorang anak dengan burung pelikan bernama Mr Percival.

Film yang akan tampil juga dalam FSAI adalah Occupation. Film fiksi ilmiah Australia baru mengenai sekelompok penduduk yang berhasil menyelamatkan diri dari serangan luar angkasa. Mereka bergabung untuk membentuk pasukan melawan para musuh dan menjadi harapan terakhir bagi bumi.

Semua masyarakat Surabaya juga bisa menikmati FSAI 2019 secara gratis. Calon penonton hanya perlu melakukan pendaftaran 1 jam sebelum film dimulai. Penonton yang ingin melihat daftar film dan jam tayang bisa langsung mengeceknya di Instagram @konjensurabaya. (bas/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Senin, 19 April 2021
32o
Kurs