Sabtu, 25 Mei 2024
PICF 2019

Tanamkan Harmonisasi Bangsa Melalui Festival Paduan Suara Sekolah Tingkat Internasional

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Penabur International Choir Festival (PICF) 2019, resmi digelar mulai hari ini, Selasa (3/9/2019), di SPK Penabur, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto: istimewa

Badan Pendidikan Kristen (BPK) Penabur Jakarta kembali menggelar PENABUR International Choir Festival (PICF) pada 3-7 September 2019, bertempat di Sekolah SPK PENABUR, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Blok A5-8, Kelapa Gading Barat, Jakarta Utara dan Graha Gepembri, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

PICF adalah event kompetisi yang dibalut dalam suasana festival
sehingga bukan sekadar unjuk prestasi tim paduan suara. Tetapi, melalui acara ini, BPK PENABUR Jakarta ingin membentuk karakter peserta didiknya dan seluruh peserta PICF melalui bidang musik.

PICF merupakan ajang dua tahunan, di mana tahun ini adalah kali keempat sejak penyelenggaraan pertama di tahun 2013 yang diprakarsai BPK PENABUR Jakarta.

Berbeda dengan gelaran sebelumnya, perhelatan kali ini makin memperluas cakupan peserta dari internasional.

Tim juri pada PICF 2019 berjumlah 12 orang dari 10 negara, antara lain Aivis Greters (Latvia), Tom T. Shelton.Jr (USA), Bengt Ollen (Swedia), Johnny Ku (Taiwan), Foong Hak Luen (Singapura), John A. Pamintuan (Filipina), Ko Matsushita (Jepang), Innesa Bodyako (Belarus), Dr.Bienvenido (Filipina), Soundarie David R. (Sri Lanka).

Sedangkan juri asal Indonesia adalah Herman Sinapa dan Aris Sudibyo selaku Artistic Director, serta Aida Swenson Simanjuntak, pendiri dan pemimpin Paduan Suara Anak Indonesia (PSAI), yang merupakan alumni SMAK 1 PENABUR.

Ada 11 kategori yang dikompetisikan yaitu 4 kategori utama sesuai jenjang sekolah Kindergarten (10 peserta), Primary School (21 peserta), Junior High School (17 peserta), Senior High School (20 peserta), dan kategori umum yaitu Children Choir (16 peserta), Mixed Youth Choir (14 peserta), Mixed Choir (15 peserta), Folklore (31 peserta), Gospel & Spiritual (11 peserta), Musica Sacra (24 peserta) dan Chamber Choir (8 peserta).

Jumlah keseluruhan peserta yang ikut berkompetisi di ajang PICF 2019 sebanyak 152 tim paduan suara yang berasal dari 5 negara (Indonesia, Malaysia, Filipina, Jepang dan Vietnam).

Dari Indonesia, 14 Provinsi yang menjadi peserta yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan Papua.

Untuk meningkatkan kualitas paduan suara di Indonesia, PICF 2019 mengakomodir dengan membuat Workshop, Choir Clinic dan Meet the Juries yang dipimpin langsung oleh beberapa juri.

Rangkaian acara lain yang diadakan yaitu Friendship Concert, Sunday Service, Outreach Concert.

Selain itu, melengkapi kegiatan PICF 2019, BPK PENABUR Jakarta bekerja sama dengan Yamuger menyelenggarakan Special Concert Kamer Youth Choir, 4 September 2019 di Graha Gepemri, Kelapa Gading Jakarta Utara, dan 6 September 2019 di Aula Simfonia Jakarta, Kemayoran, Jakarta Utara.

Mengangkat tema Harmony in Music for Indonesia, Concert Kamer Youth Choir melengkapi harapan dari PICF untuk membawa semangat harmonisasi di Indonesia pada peserta didik BPK PENABUR Jakarta dan seluruh tim paduan suara yang ikut berperan serta.

“Karakter yang ingin dibentuk antara lain melalui sikap-sikap yang diperlukan oleh paduan suara seperti disipin, bertanggung jawab, percaya diri, kemampuan mendengar dan karakter lain yang menjadi bekal menghadapi era disrupsi,” ungkap Ketua BPK PENABUR Jakarta, Ir. Antono Yuwono, di sela acara pembukaan, Selasa (3/9/2019), di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Sejalan dengan itu, BPK PENABUR Jakarta sebagai institusi pendidikan menuju usianya ke-70, terus fokus pada pembentukan karakter peserta didiknya dalam menghadapi era disrusi.

Salah satunya melalui PICF 2019 ini yang dapat membentuk karakter BEST (Be Tough, Excel World Wide, Share with Society, Trust In God). (rid/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
33o
Kurs