Kamis, 28 Maret 2024

Tiga Film Ini Mengangkat Tema Kartini

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Poster film R.A. Kartini dari Sjumandjaja. Foto: Wikipedia

Sosok pahlawan Indonesia RA Kartini telah diabadikan lewat karya para sineas dalam bentuk film, yang bisa dijadikan rujukan untuk mengenal lebih dalam pribadi pelopor kebangkitan perempuan Indonesia itu dan perjuangannya.

Berikut tiga film Tanah Air yang mengangkat Kartini sebagai tema besar, seperti dilansir Antara.

“R.A. Kartini” dari Sjumandjaja

Film yang diproduksi pada 1982 ini diarahkan oleh sutradara ternama Sjumandjaja. Plot cerita dalam “R.A. Kartini” diambil dari isi buku “Biografi Kartini” karya Sitisoemandari Soeroto.

Dalam buku tersebut diceritakan silsilah keluarga Kartini, masa kanak-kanak yang dilaluinya hingga dipingit sampai akhirnya wafat pada usia 25 tahun.

Versi filmnya dibintangi oleh Yenny Rachman, Bambang Hermanto peraih penghargaan Pemeran Pendukung Pria Terbaik Festival Film Indonesia 1955 berkat film “Lewat Djam Malam”, serta pemeran Abah di serial “Keluarga Cemara”, Adi Kurdi.

“Surat Cinta Untuk Kartini”

Film drama keluaran 2016 ini disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis (“Kuambil Lagi Hatiku”, “Kafir: Bersekutu dengan Setan”).

Dibintangi Chicco Jerikho dan Rania Putri Sari, film ini bercerita tentang seorang tukang pos yang mengantarkan surat untuk Kartini, kemudian tertarik pada pribadi perempuan yang disebut mendobrak adat itu.

“Kartini” dari Hanung Bramantyo

Film yang tayang pada April 2017 itu menampilkan sederet artis peran ternama seperti Dian Sastrowardoyo, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Reza Rahadian, Adinia Wirasti hingga Dwi Sasono.

Dalam film ini, ditampilkan sosok Kartini (Dian Sastrowardoyo) yang nampak kalem dan lembut ternyata memiliki sisi lain yang mungkin belum sebagian orang tahu.

Dia lincah dan selalu bertanya, tak heran orang-orang di sekitarnya memanggilnya Trinil burung kecil yang lincah dan selalu mengeluarkan suara nyaring. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs