Kamis, 25 April 2024

Peneliti: Minum Minuman Berkarbonasi Usai Olahraga Sebabkan Cedera Ginjal

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Pinterest.

Menurut American Journal of Physiology-Regulatory, Integrative and Comparative Physiology, kita diimbau untuk tidak meminum minuman berkarbonasi selama dan setelah berolahraga, karena dapat menyebabkan cedera ginjal akut.

Seperti dilansir Antara Kamis (23/1/2019), sebaiknya minum air putih ketimbang minuman bersoda demi mencegah kerusakan ginjal.

“Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis bahwa mengkonsumsi minuman ringan (minuman berkafein fruktosa tinggi) selama dan setelah berolahraga meningkatkan marka biologis cedera ginjal akut (AKI) pada manusia,” kata para peneliti studi.

Mereka meminta 12 orang partisipan untuk meminum dua liter air selama empat jam berolaharga di bawah terik matahari. Setengah dari mereka diminta meminum minuman ringan dan setengahnya air putih. Mereka juga harus minum satu liter minuman yang sama setelah meninggalkan laboratorium.

Hasilnya, cedera ginjal akut terdeteksi pada 75 persen partisipan yang meminum minuman ringan berbading 8 persen mereka yang meminum air putih. (ant/wil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs