Rabu, 26 Januari 2022

Akhir Pekan di Rumah Aja? Yuk Jalan-Jalan ke Museum via Daring

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tur Museum Bank Indonesia via daring.

Berdiam diri di rumah demi menghindari penyebaran virus corona (Covid-19) terkadang memang membosankan. Namun kini Anda bisa menghabiskan waktu dengan melihat ribuan lukisan, patung, instalasi, hingga karya seni baru dari museum-museum ternama di dunia secara daring. Termasuk museum di dalam negeri yang menyimpan benda-benda bersejarah bangsa Indonesia.

Beberapa museum bahkan menyediakan fasilitas interaktif 360 derajat dan tur berkeliling museum lengkap dengan deskripsi sulih suara, hingga tayangan slide dengan foto yang dapat diperbesar dari karya seni terhebat dunia.

Berikut ini adalah daftar sebagian museum di luar negeri yang dapat Anda kunjungi secara daring.

1. Museum Vatikan, Roma

Langit-langit berkubah yang menjulang tinggi, mural yang rumit, dan permadani menjadi ciri khas museum-museum Vatikan adalah situs-situs kreatif yang mengagumkan. Jangan lupa untuk melihat ke bagian atas ketika menjelajahi tujuh ruang di tur virtual 360 derajat museum, termasuk Kapel Sistine.

Berkeliling di seluruh Kota Vatikan dengan tur dari fitur You Visit yang akan membawa Anda keliling Basilika Santo Petrus, lengkap dengan pemandu wisata yang menceritakan setiap ruang interaktif. Untuk itu Anda dapat mengunjungi laman http://www.museivaticani.va/

2. Guggenheim, Bilbao

Bangunan titanium dan baja yang dipahat oleh Frank Gehry, di tepi Sungai Nervión, adalah salah satu ruang seni paling unik di dunia yang diperlihatkan dalam tur interaktif oleh museum di Spanyol ini.

Tur interaktif membawa pengunjung ke sekitar koleksi lukisan dan patung Amerika dan Eropa pascaperang, seperti koleksi Rothko, Holzer, Koons, Kapoor, bahkan koleksi yang mulai usang seperti Serra’s Matter of Time (belok kiri di pintu masuk). Untuk menikmatinya, Anda bisa mengunjungi laman guggenheim-bilbao.eus

3. Natural History Museum, London
​​​​​​​
Dari burung dodo, botani hingga kupu-kupu, kristal raksasa hingga spesimen dalam toples, semua koleksi di museum ini sungguh menarik untuk mereka yang tertarik dengan perkembangan alam dan isinya. Museum ini juga menyajikan tur interaktif yang dapat Anda nikmati secara daring melalui laman nhm.ac.uk

4. Rijksmuseum, Amsterdam
​​​​​​​
Museum megah ini memiliki banyak koleksi seni dan benda bersejarah yang sangat luas. Proyek renovasi yang berlangsung selama10 tahun selesai pada 2013, mengubah ruang dan menggabungkan unsur-unsur keagungan abad ke-19 dengan pencahayaan modern dan atrium beratap kaca baru.

Tur interaktif membantu pengunjung mendekat ke lukisan megah karya Vermeer, Rembrandt dan pelukis legendaris asal Belanda lainnya sambil menjelajahi aula besar dan sekitarnya. Anda bisa mengunjungi laman rijksmuseum.nl

5. National Museum of Modern and Contemporary Art, Korea Selatan

Ada beberapa situs yang membentuk museum ini. Galeri utama berada di Gwacheon, sementara situs cabang berada di Deoksugung, Seoul dan Cheongju. Fasilitas tur virtual disediakan untuk mengeksplorasi karya seni yang inspiratif dari cetak, desain, patung, fotografi, media baru dan instalasi skala besar lainnya.

Karya seni dari Joseph Beuys hingga Warhol dan Nam June Paik, serta karya seni Korea kontemporer lainnya banyak dipajang di museum ini. Untuk menikmatinya, Anda dapat mengunjungi laman mmca.go.kr

6. Musée d’Orsay, Paris

Menggunakan gedung bekas Gare d’Orsay, sebuah stasiun kereta api dan hotel di Kota Paris, museum ini adalah rumah bagi karya-karya besar seperti Cézanne, Monet, dan seniman legendaris Prancis lainnya.

Di bawah atap kaca lengkung sepanjang 138m, duduk koleksi terbesar impresionis dan pasca-Impresionis di dunia. Tur virtual juga mencakup pameran daring yang memetakan sejarah bangunan yang bisa Anda kunjungi di laman m.musee-orsay.fr

7. British Museum, London
​​​​​​​
Ada 3.212 panel kaca yang berbeda di langit-langit berkubah di museum ini. Selain itu ada tampilan 360 derajat dalam tur virtual ini memungkinkan pengunjung untuk memeriksa masing-masing panel tersebut.

Di luar ruang yang luar biasa ini, pengunjung dapat menemukan Batu Rosetta, mumi Mesir, dan keajaiban kuno lainnya. Platform infografis interaktif museum yaitu History Connected dapat memberikan Anda lebih banyak informasi dari berbagai ojek di museum. Anda dapat mengunjungi laman britishmuseum.org untuk menikmati layanan tur virtual.

8. MASP, São Paulo, Brasil

Museu de Arte de São Paulo merupakan salah satu museum dengan koleksi sejarah terbanyak yang tersedia untuk dilihat melalui platform galeri virtualnya, mulai dari abad ke-14 hingga ke-20. Struktur kaca dan balok merah yang dibangun pada tahun 1968, juga layak dilihat dari luar, melalui Google Street View atau laman museum masp.org.br.

Museum Daring di Indonesia

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta menyediakan layanan tur daring gratis ke museum-museum yang dapat diakses secara gratis oleh masyarakat selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota.

“Jalan-jalan ke museum bisa #darirumahaja. Beberapa museum di Jakarta sudah menyediakan tur daring yang bisa teman-teman akses, salah satunya Museum Bank Indonesia memberikan pengalaman masuk ke museum langsung dari rumah,” ujar deskripsi unggahan akun @disparekrafdki seperti dilaporkan Antara.

Seperti yang diketahui berbagai fasilitas umum seperti museum ditutup sementara selama masa PSBB guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Ibu Kota.

Diharapkan dengan adanya tur museum yang dapat diakses secara daring dapat mengobati kerinduan masyarakat untuk mengenal dan melihat koleksi-koleksi sejarah meski harus mengikuti gerakan #dirumahaja.

Berikut daftar museum di dalam negeri yang bisa dikunjungi via daring:

1. Museum Bank Indonesia

Anda dapat mengunjungi situs http://idvr360.com/vr360/museum/mbi/mbi.html .

Dalam tur daring itu, tampil 360 derajat dapat dirasakan oleh pengunjung dengan maksimal jika menggunakan kacamata Virtual Reality (VR).

Selain museum Bank Indonesia, museum lainnya yang dapat dikunjungi secara daring oleh masyarakat adalah Museum Sumpah Pemuda yang memiliki koleksi-koleksi sejarah terkait sejarah Sumpah Pemuda 1928.

2. Museum Sumpah Pemuda

Anda dapat mengunjungi situs http://museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id.

Pengunjung situs daring Museum Sumpah Pemuda dapat melihat foto-foto mulai dari diorama serta patung-patung dari para tokoh yang terlibat dalam kegiatan Sumpah Pemuda 1928.

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Pengunjung yang tertarik melalukan tur daring ke museum yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat itu dapat mengunjungi situs http://munasprok.go.id/.

Dalam situs itu tersedia beberapa video dan juga foto yang berisi deskripsi koleksi-koleksi terkait kegiatan Perumusan Naskah Proklamasi RI.

4. Museum MACAN

Museum MACAN membuat inisiatif digital untuk tetap memberi edukasi seni melalui platform daring di tengah pandemi virus corona, Covid-19.

Meski ditutup sementara untuk keamanan, Museum MACAN kini bergabung dengan gerakan global museum dari rumah atau #MuseumfromHome sehingga pengunjung bisa menjelajahi koleksi dan pamerannya secara digital.

Museum MACAN dalam siaran resmi mengatakan, pameran yang bisa dinikmati pengunjung secara vitual meliputi “Melati Suryodarmo: Why Let the Chicken Run?” dan “Julian Rosefeldt: Manifesto”.

“Program kami adalah respons positif terhadap situasi sosial yang sedang dihadapi dunia,” kata Aaron Seeto Direktur Museum MACAN.

Program yang bisa dijelajahi dalam inisiatif museum dari rumah ini meliputi 800-an karya seni modern dan kontemporer Indonesia dan mancanegara.

Seri mingguan bisa diakses di akun Instagram, ada pembahasan mengenai karya pilihan dalam koleksi tersebut. Pengunjung virtual bisa memperkaya informasi lewat panduan audio dari tim kuratorial museum.

Selain itu, pameran virtual bisa dilihat lewat kanal IGTV dan YouTube Museum MACAN. Seri video itu dilengkapi wawancara bersama perupa dan pembahasan karya pilihan hingga program wicara yang menampilkan profesional di bidang seni.(ant/iss)

 

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 26 Januari 2022
33o
Kurs