Sabtu, 26 September 2020

Bau Mulut Muncul Saat Berpuasa, Ini Penyebabnya

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Bau mulut. Foto: Pixabay

Halitosis atau bau mulut terjadi salah satunya karena mulut kering. Kurangnya air liur menyebabkan bakteri mulut yang biasanya bekerja di sisa-sisa makanan di antara gigi dan lapisan lidah melepaskan gas yang bau.

Nasser Fouda Dokter spesialis gigi dan gusi di Sno Dental Clinic, Abu Dhabi, mengatakan, langkah-langkah sederhana seperti sering berkumur dan menyikat gigi dengan benar akan memastikan kebersihan gigi, bahkan saat berpuasa. Anda bisa berkumur menggunakan obat kumur atau air saja.

Selain itu, gigi palsu dan tambalan pada gigi juga seharusnya rutin dibersihkan termasuk saat Ramadhan karena berpotensi menampung partikel makanan yang berujung menyebabkan bau mulut, menurut Dr. Sujay Mohan Rai, spesialis prostodontik di NMC Speciality Hospital seperti dilansir Gulf News dan dikutip Antara.

Agar mulut tak berbau busuk selama puasa, pakar kesehatan gigi dan mulut, Drg. Ratu Mirah Afifah menyarankan Anda memperbanyak konsumsi air putih dan makanan berserat di kala sahur dan berbuka puasa.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan berlemak, terlalu manis dan asin serta minuman yang tinggi kadar kafein. Makanan yang mengandung bahan berbau tajam seperti bawang merah, bawang putih juga sebaiknya dihindari.

Makanan asam seperti tomat, nanas juga sebaiknya tak Anda konsumsi selama Ramadhan. Bakteri yang berhubungan dengan bau mulut lebih menyukai lingkungan yang lebih asam dan lebih aktif pada tingkat keasaman mulut yang tinggi.

Untuk meningkatkan aroma napas, sayuran seperti brokoli, wortel, ubi dan buah-buahan segar bisa membantu.(ant/ipg)

Bagikan
Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Widya Qhodarum M.S

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Sabtu, 26 September 2020
26o
Kurs