Jumat, 19 April 2024

Latihan Ini Bisa Perbaiki Postur Tubuh Akibat Duduk Terlalu Lama

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto : Shutterstock

Sebagian Anda mungkin terlalu banyak duduk saat bekerja terutama di masa work from home (WFH) karena pandemi virus corona baru atau Covid-19 belakangan ini.

Namun, bagi banyak orang lain, ini dapat menciptakan konsekuensi yang tidak diinginkan terutama menyangkut postur tubuh. Faktanya, terlalu banyak duduk untuk jangka waktu yang lebih lama dianggap berbahaya bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Charlee Atkins, pelatih bersertifikat asal Amerika Serikat, memiliki rekomendasi gerakan sederhana untuk membantu Anda memperbaiki postur tubuh. Gerakan ini hanya membutuhkan waktu 45 detik dengan waktu istirahat 15 detik.

Anda tidak memerlukan peralatan khusus tetapi cukup barang-barang rumah tangga sehari-hari seperti botol air dan bahkan sekantong garam untuk latihan ini.

Berikut gerakannya seperti dilansir Antara dari Medical Daily:

Gerakan Carries

Gerakan mengangkat bagus untuk otot inti dan postur. Kencangkan dada Anda seperti Anda berjalan keluar dari gym. Berdiri tegak dalam posisi kaki terbuka selebar bahu. Angkat sepasang beban tepat di atas kepala. Turunkan beban perlahan menjauh dari bahu dan telinga

Gerakan Rows

Gerakan latihan ini akan membantu memperkuat otot punggung tengah serta otot dada Anda. Ketika otot punggung tengah mendapatkan kekuatan yang lebih, mereka akan menarik bahu ke posisi yang tepat dan membuka otot dada. Selanjutnya akan membuat punggung Anda lebih besar serta dapat memperbaiki postur Anda

Gerakan Y-Raises dan T-Raises

Y-Raises dan T-Raises adalah latihan pemanasan yang sebaiknya dilakukan sebelum memulai dari Anda. Untuk gerakannya, Anda bisa berbaring tengkurap di atas lantai dengan tangan sejajar dengan telinga. Bentuk tubuh Anda seperti huruf Y (atau T) dengan tangan mengarah ke atas. Selama beberapa kali tarik perlahan tangan yang masih tetap lurus sedikit ke atas.

Gerakan Scapular Push-Ups

Scrapula pushups adalah variasi pada push-up tradisional, di mana kedua tangan terpisah dari bahu. Tipe pushup ini secara khusus membangun otot yang mengelilingi skapula atau tulang belikat.

Untuk melakukan, mulailah di posisi papan dengan lengan lurus di bawah bahu dan jari-jari kaki menyentuh tanah. Tubuh Anda harus lurus lurus, dengan kepala menghadap ke tanah sesuai dengan tubuh Anda. Gerakkan tangan Anda untuk membawa mereka sedikit lebih dekat daripada selebar bahu. Jari-jari Anda harus menghadap ke depan. Pindahkan kaki Anda juga, sampai ada sekitar enam inci di antara keduanya.

Saat melakukan push up scapular, jangan mulai dengan mengangkat bahu. Mengangkat bahu terlalu tinggi dapat menyebabkan rasa sakit pada skapula dan tidak menargetkan otot Anda secara efektif.

Gerakan Around the World’s

Anda hanya perlu duduk berhadapan dengan pasangan lalu luruskan kaki dan tempelkan kaki anda ke kaki pasangan. Setelah itu, angkat kaki ke atas lalu lakukan gerakan memutar beberapa kali. Anda juga bisa mengubah arah.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs