Kamis, 28 Maret 2024

Madu Diklaim Dapat Atasi Pilek Lebih Baik dari Obat, Benarkah?

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Madu. Foto : Pixabay

Peneliti dari Oxford University menemukan, madu dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernapasan bagian atas (ISPA) lebih baik daripada beberapa obat flu dan antibiotik. Terutama karena sebagian besar infeksi ini disebabkan virus yang tidak dapat diobati oleh antibiotik.

Dilansir Antara, para peneliti Oxford mengamati 14 studi yang membandingkan penggunaan madu dengan antibiotik; Produk Over the Counter Market (OTC) seperti antihistamin, penekan batuk, ekspektoran (produk yang membantu membersihkan lendir); dan plasebo.

Setelah membandingkan studi dan temuan, para peneliti menemukan, madu memang membantu meredakan gejala lebih baik daripada produk OTC dan antibiotik.

Menurut dua studi, gejala sakit pada orang yang mengonsumsi madu lebih sedikit daripada yang lain.

“Kami menemukan madu kemungkinan besar memperbaiki gejala ISPA, dengan bukti terkuat dalam konteks frekuensi batuk dan tingkat keparahan batuk. Bukti moderat mendukung penggunaannya daripada perawatan biasa untuk gejala ISPA lainnya, dan sebagian besar bukti berasal dari penelitian pada anak-anak,” kata peneliti seperti dikutip Medical Daily, Jumat (21/8/2020).

Mereka mengatakan, madu lebih efektif dan tidak terlalu berbahaya dibandingkan perawatan alternatif biasa dan menghindari kerusakan melalui resistensi antimikroba.

Meski demikian, anak-anak di bawah usia 1 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi madu karena berisiko terkena botulisme.

Anak yang berusia di atas setahun biasanya dapat mengonsumsi madu dengan aman karena sistem pencernaannya telah matang. (ant/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs