Minggu, 7 Maret 2021

Mencegah Corona dengan Rutin Konsumsi Empon-Empon

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Minuman kunyit dan jahe. Foto : Hello Sehat

Sistem ketahanan dan kekebalan tubuh menjadi kunci utama bagi manusia untuk menangkal berbagai penyakit. Salah satu cara untuk menguatkan imunitas atau kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah tradisional atau yang bisa disebut empon-empon.

“Kunyit misalnya. Rempah yang satu ini memiliki antioksidan yang sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh,” kata Prof. Dr. Mangestuti Agil Apt., MS., Guru Besar Universitas Airlangga yang fokus terhadap kajian obat-obatan tradisional.

Selain kunyit, ada juga jahe. Jika tidak ada waktu membuat minuman dari kunyit, bisa membuat minuman dari jahe. Bisa mengonsumsi STMJ. Selain itu, ada juga minuman herbal pokak yang memiliki kegunaan untuk menguatkan kekebalan tubuh.

“Mari kita kembali mengoptimalkan rempah-rempah yang ada di sekitar kita untuk hidup sehat, seperti yang sudah diwariskan oleh pendahulu kita,” ujarnya melalui siaran pers.

Menurut Mangestuti, bahan alam akan selalu lebih cepat diterima dan menyatu dengan tubuh. “Ini sudah menjadi hukum alam. Asalkan semua dikonsumi dengan teratur dan rutin. Minimal tiga kali dalam seminggu,” kata dia.

Selain konsumsi empon-empon, Mangestuti juga menyarankan untuk memanajemen stres dengan baik, menjaga pola makan, istirahat, dan berolahraga secara teratur.

Sebelumnya, Prof. Chaerul Anwar Nidom Guru Besar Biologi Molekular Unair menemukan manfaat empon-empon atau rempah-rempah sebagai penangkal virus corona yang saat ini menjangkiti beberapa negara dunia. Menurutnya, tidak perlu khawatir berlebihan soal sebaran virus corona yang saat ini terus meluas. Orang Indonesia sudah biasa memakai empon-empon dalam berbagai variasi, mulai dari minuman hingga dicampur di makanan.(iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Cemengkalang Banjir

Kemacetan di Ngasinan

Kepadatan di Tol Sidoarjo

Sampah di dekat GOR Gapura Unesa

Surabaya
Minggu, 7 Maret 2021
31o
Kurs