Kamis, 25 April 2024
Hari Musik Nasional

Merdeka Bermusik, Merdeka Mengenal Sejarah Musik Indonesia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara poster pada Merdeka Bermusik di House of Sampoerna. Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan memorabilia berbentuk kaset, poster, kaset, piringan hitam dan alat musik dihadirkan pada gelaran Merdeka Bermusik, Rabu (11/3/2020), untuk memperingati Hari Musik Nasional.

Sejumlah poster musisi lawas seperti Jack Lesmana, Bubby Chen, Lilis Suryani, serta Idris Sardi dipajang. Sederet poster tersebut bersebelahan dengan pajangan kaset-kaset bersampul kelompok band Indonesia.

Disudut lain, kemasan vinyl disc atau piringan hitam lengkap dengan Gramafon juga diletakkan disebuah ruangan melengkapi gelaran Merdeka Bermusik volume 2.

Seperangkat drum, ditempatkan dibagian tengah ruangan. Berhadapan dengan poster besar terpampang di dinding berisikan wajah artis penyanyi lama Indonesia, seperti Titik Puspa, Lilis Suryani dan Bing Slamet.

Kegiatan Merdeka Bermusik, merupakan bagian pagelaran sejarah musik di Indonesia, yang dimulai tahun 1945 sampai 2000an. Pada perjalanan sejarah musik itu, bisa jadi memang tidak diketahui masyarakat.

“Semoga pagelaran ini menjadi bagian dari pembelajaran buat milenial dan masyarakat terkait sejarah perjalanan musik di Indonesia. Ada beberapa era yang mungkin tidak diketahui dan kami coba tampulkan disini,” terang Rani Anggraini manager House of Sampoerna.

Sekedar informasi, pameran dijadwalkan digelar sampai dengan 26 April 2020 di House of Sampoerna.(tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs