Jumat, 26 April 2024

Harapan Tompi untuk Industri Musik Indonesia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Tompi Project adalah satu dari sejumlah performer di Bistar Jazz Traffic Festival 2019 yang sangat ditunggu-tunggu. Foto: Bistar Jazz Traffic Festival 2019

Tompi, penyanyi jazz, berharap industri musik Indonesia bisa menjadi industri yang utuh. Menurut penyanyi bernama lengkap Teuku Adifitrian ini, salah satu tantangan yang masih harus diperjuangkan adalah hak royalti hasil karya para musisi.

“Zaman sekarang, pendengarnya naik, tapi pendapatannya turun. Kalau dulu, pendapatan sesuai jumlah CD yang terjual,” katanya saat dihubungi Radio Suara Surabaya, Senin (9/3/2020).

Langkah yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi itu, kata Tompi, sekarang para musisi sedang menggodok regulasi hukum dan sistem penghitungan royalti yang transparan dan akurat.

“Misalkan di restoran berapa kali lagu saya diputar. Sekarang kan baru Spotify, iTunes dan sejenisnya yang jelas berapa kali lagu saya diputar,” ujarnya

“Upaya yang sudah dilakukan ini memang masih langkah awal. Masih jauh. Tapi bisa terwujud kalau yang semangat banyak, kalau bersatu,” tambahnya.(iss/ipg)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs