Kamis, 28 Maret 2024

Ratu Elizabeth Peringati 75 tahun Berakhirnya Perang Dunia II

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ratu Elizabeth II. Foto: Antara/dok

Elizabeth Ratu Inggris memberi penghormatan atas pengorbanan para tentara pada peringatan 75 tahun VJ Day, yang menandai kemenangan atas Jepang dan akhir Perang Dunia II.

Dia mengenang penderitaan sekaligus kegembiraan saat perang tersebut berakhir.

Elizabeth mengatakan dia tidak akan pernah melupakan suasana gembira dan rasa lega yang luar biasa saat perang berakhir.

“Di antara kegembiraan di akhir konflik, kami juga ingat, seperti hari ini, kehancuran mengerikan yang ditimbulkan, dan penderitaan yang dialami oleh banyak orang,” kata Elizabeth lewat sebuah pesan dilansir Antara, Sabtu (15/8/2020).

“Pangeran Philip dan saya bergabung dengan banyak orang di seluruh dunia untuk mengirimkan ucapan terima kasih kami kepada para pria dan wanita dari seluruh Persemakmuran, dan negara-negara sekutu, yang berjuang dengan gagah berani untuk mengamankan kebebasan yang kita hargai hari ini.”

Elizabeth, yang masih remaja ketika perang pecah, belajar mengemudikan truk militer dan menjadi mekanik saat bertugas di Layanan Wilayah Pendukung bagian wanita. Dia berada di Istana Buckingham ketika istana tersebut dibom pada September 1940.

Suaminya, Philip, yang bertugas di Angkatan Laut Inggris selama perang dan berada di kapal perusak HMS Whelp di Teluk Tokyo ketika penyerahan Jepang ditandatangani, akan ditampilkan dalam montase foto para veteran yang masih hidup.

Putranya sang ahli waris tahta kerajaan, Pangeran Charles, akan memimpin waktu mengheningkan cipta selama dua menit di National Memorial Arboretum di Inggris tengah, sementara cucunya, Pangeran William, akan tampil dalam program khusus BBC TV. (ant/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs