Minggu, 16 Juni 2024

Tetap Tampilkan Seni Budaya, Selama Pandemi HoS Upgrade Kegiatan Virtual

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
flyer

Ikut melestarikan sejarah, seni dan budaya, HoS melalui program Surabaya Heritage Track (SHT) gelar program daring berbentuk tur virtual. Program yang sudah diselenggarakan sejak akhir April lalu ini dapat dinikmati oleh masyarakat sebagai alternatif berwisata yang dapat dilakukan dari mana saja melalui gawai.

Merespon minat masyarakat terhadap tur virtual tematik sebelumnya, melalui program Tur Virtual SHT Tirto nang Suroboyo yang diadakan tiap Sabtu dan Minggu sampai dengan 20 Desember 2020, SHT mengajak masyarakat untuk menilik usaha penyediaan air bersih di Surabaya pada masa kolonial dengan mengeksplorasi tandon air Wonokitri dan Instalasi Pengolahan Air Minum Ngagel I Surabaya, serta mengikuti perkembangan teknologi pengolahan air minum hingga saat ini di Rumah Air Surabaya.

Cukup melakukan pendaftaran melalui https://bit.ly/virtualturSHT, kemudian menunggu email konfirmasi berisi tautan akses, lalu mengunduh dan install aplikasi Zoom, kemudian masuk ke meeting room 15 menit sebelum tur dimulai.

Menjelang musim liburan, House of Sampoerna (HoS) menggelar acara-acara meriah sebagai alternatif kegiatan sahabat HoS di bulan November. Rentetan program daring ini akan siap menghias dunia warganet. Diantaranya adalah program Cendera.mata yang menghadirkan Table Top Bag Parade. Ceria, seru dan meriah adalah kata yang pas untuk menggambarkan kota Surabaya.

Hal ini menginspirasi tiga UMKM Surabaya yaitu Sawoong, RSTM dan Kabuta untuk membuat tas unik dalam program Table Top Bag Parade yang dijadwalkan digelar sampai 31 Desember 2020.

Sabtu (21/11/2020) lalu, Workshop Daring Bangga Mengenakan Kain Batik digelar sebagai rangkaian acara penutup dari pameran virtual Batik Gendongan Jawa Timur, dengan tema: Bangga Mengenakan Kain Batik bersama Lintu Tulistyantoro Ketua Komunitas Batik Jawa Timur (KIBAS) untuk lebih memperkenalkan kreasi pemakaian kain pada masyarakat luas.

Sementara itu, saat dihubungi lewat whatsap Rani Anggraini Manager House of Sampoerna menyampaikan bahwa dari rangkaian kegiatan yang digelar dengan menggunakan vasilitas daring ternyata mendapat sambutan hangat dari masyarakat serta cukup diminati. Oleh karena itu pihaknya menjadwalkan kegiatan-kegiatan daring selama masa pandemi ini bakal digelar lagi.

“Karena ternyata cukup diminati masyarakat. Tour virtual ternyata menarik. Karena itu, aktivitas yang digelar secara virtual akan kami gelar, dan kedepan akan terus kami upgrade menjadi aktivitas virtual yang lebih menarik. Nanti selain acara reguler seperti pameran di galeri, kami juga gelar pameran secara virtual,” pungkas Rani Anggraini, Selasa (24/11/2020).(tok/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
31o
Kurs