Senin, 29 November 2021

Akhir Pekan, Nonton Film ke Gedung Bioskop atau Pakai Gadget?

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Warga mengakses layanan film daring melalui gawai di Jakarta, Sabtu (16/5/2020). Foto: Antara

Akhir pekan, menonton film pakai gadget maupun ke gedung bioskop masing-masing punya kelebihan. Mau tahu kelebihannya? Simak ini.

“Justru masing-masing memang punya kelebihan. Antara gedung bioskop dengan perangkat gadget saat menonton film. Masing-masing sejatinya memang sesuai kebutuhan kok,” kata Sol Amrida pengajar perfilman SMK Dr Soetomo, Surabaya, Sabtu (22/5/2021).

Menurut Sol Amrida, film adalah sebuah karya seni yang juga merupakan kolaborasi banyak keterampilan seni. Mulai dari seni gambar, seni musik, sampai dengan seni digital yang masing-masing saling mendukung dan melengkapi. Sehingga lahir sebuah karya seni dalam kemasan film yang dikonsumsi publik.

“Nonton di studio bioskop punya kelebihan satu di antaranya adalah ketajaman dan kejernihan auditif. Bahkan saking bagusnya perpaduan seni itu, sangat dekat dengan realita. Itu kelebihan yang bisa jadi pertimbangan masyarakat memilih nonton film di studio,” kata Sol.

Tapi, apakah studio bioskop memberikan keleluasaan untuk penontonnya memilih film yang ingin di tonton atau dinikmati? Jawabnya, belum bisa. Inilah satu di antara keunggulan yang dipunyai gadget dalam konteks memilih film sesuai keinginan.

“Dengan gadget, penonton memang leluasa memilih film apa yang diinginkan, ditonton sesuai keinginan yang bisa jadi tidak bisa dilakukan melalui studio bioskop. Misalnya saja film-film yang sedang tidak tayang di bioskop, maka itu terpuaskan lewat gadget lantaran berbagai penyedia sarana nonton film lewat gadget dilengkapi pilihan film beragam. Termasuk film-film lama. Nah yang ini tidak bisa didapatkan di studio bioskop,” papar Sol.

Namun demikian, Sol yang kerap terlibat berbagai produksi film itu, menegaskan bahwa di masa pandemi seperti saat ini, pilihan untuk menonton film menggunakan gadget maupun ke bioskop bergantung sepenuhnya kepada masing-masing orang. “Karena sejatinya masing-masing pilihan buat nonton film memang punya keunggulan masing-masing,” tutup Sol. (tok/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Senin, 29 November 2021
26o
Kurs