Selasa, 30 April 2024

Bukan Bakat dan Kerja Keras, Ini yang Bisa Membuat Anda Meraih Kesuksesan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto : Pixabay

Bakat dan kerja keras dipercaya banyak orang sebagai dua modal utama meraih kesuksesan.

Manakah dari kedua hal tersebut yang lebih diperlukan bagi generasi muda, khususnya dalam menghadapi ketatnya persaingan global di masa mendatang?

Galuh Paskamagma Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation memaparkan bahwa memiliki gritty leadership lebih penting ketimbang bakat dan kerja keras.

Gritty Leadership merupakan pola pikir yang membentuk seseorang menjadi individu pantang menyerah, berani dan konsisten mewujudkan target yang dicita-citakan. Orang yang memiliki gritty leadership akan mengerahkan bakat dan bekerja keras hingga tujuannya tercapai. Dengan demikian, kerja keras dan konsistensi berperan penting dalam metode ini.

“Seseorang yang memiliki grit dalam hidup akan terus berusaha mencapai goals-nya meski banyak hambatan dan kesulitan,” kata Galuh seperti dilaporkan Antara, jumat (5/3/2021).

Untuk menumbuhkan grit di dalam diri, Galuh melanjutkan, generasi muda perlu menerapkan pola pikir yang berkembang (growth mindset) dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dengan terbiasa menghadapi tantangan dan tidak selalu berada di zona nyaman, pantang putus asa, terbuka terhadap kritik dan cepat bangkit ketika menghadapi keterpurukan.

“Dengan ketatnya persaingan di masa mendatang, grit akan menjadi future skill yang harus dimiliki generasi muda. Grit juga sudah menjadi salah satu indikator kesuksesan bagi para pelaku industri, karena orang yang memiliki grit lebih bisa membaca peluang dan lebih cepat berkembang dibandingkan orang lain,” kata Galuh.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs