Kamis, 28 Maret 2024

Tips Liburan yang Aman Saat Pandemi

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suasana Kamis siang (20/08/2020) yang sedikit mendung, semakin terasa sejuk dibawah rindangnya pohon cemara yang tumbuh di Pantai Nambangan. Cocok digunakan untuk keluarga menikmati libur pendek di tengah pekan. Foto: Anton suarasurabaya.net

Terlepas lokasi mana yang Anda pilih selama masa liburan akhir pekan ini dan kendaraan apa yang dinaiki, ada sejumlah langkah yang perlu dilakukan untuk melindungi diri dan keluarga dari resiko berlibur di tengah pandemi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengungkapkan, ada risiko Anda terpapar Covid-19 selama perjalanan dan Anda mungkin merasa sehat dan tidak menunjukkan gejala apa pun.

Anda juga berisiko menyebarkan virus ke orang lain, termasuk keluarga yang tidak ikut Anda berlibur, selama 14 hari setelah Anda terpapar virus.

Untuk itu, CDC merekomendasikan untuk menjaga jarak setidaknya dua rentangan tangan saat berada di sekitar orang lain, terlebih di kerumunan. Hal ini penting dilakukan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Lalu, kenakan masker untuk menutupi hidung dan mulut saat berada di luar rumah, sering mencuci tangan atau gunakan pembersih tangan (dengan setidaknya 60 persen alkohol).

Jaga kesehatan Anda, cari tahu gejala Covid-19 dan segera ukur suhu tubuh jika Anda merasa sakit atau merasakan salah satu gejalanya.

Seperti yang dilansir Antara, beberapa jenis perjalanan dan aktivitas dapat membuat Anda berisiko lebih tinggi terpapar Covid-19, yakni berada di kondisi cenderung banyak orang di dalamnya misalnya di acara pernikahan teman, mantan, saudara, berada di restoran dan sarana transportasi publik.

Jika Anda menyadari terlibat aktivitas berisiko lebih tinggi atau berpikir mungkin terpapar selama perjalanan, lakukan tindakan pencegahan ekstra untuk melindungi orang lain selama 14 hari setelah Anda tiba, yakni menjaga jarak setidaknya dua rentangan tangan saat berada di sekitar orang lain, mengenakan masker dan sering mencuci tangan atau gunakan pembersih tangan.

Selain itu, tetaplah di rumah sebisa mungkin, hindari berada di dekat orang-orang yang berisiko tinggi bisa terkena penyakit parah akibat Covid-19 dan pertimbangkan untuk menjalani tes Covid-19. (ant/dfn/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs