Kamis, 20 Januari 2022

Ciri-ciri Kulit Sehat dan Skincare yang Wajib Digunakan Bagi Pria dan Wanita

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Dokter Novita Damayanti, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin National Hospital Surabaya dalam live Instagram KelaSS Pintar, Rabu (8/12/2021) dengan tema "My Skincare My Adventure" dipandu oleh Echa sebagai Host. Foto: Tina suarasurabaya.net

Perawatan kulit wajah terus berkembang, bahkan tidak hanya bagi kaum hawa, namun pria juga mulai peduli untuk merawat kulit wajah mereka. Seiring berkembang kepedulian untuk merawat kulit, beragam skincare pun bermunculan dengan menawarkan banyak pilihan. Lalu, bagaimana cara memilih skincare yang aman?

Dokter Novita Damayanti, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin National Hospital Surabaya memberikan beberapa tips skincare baik untuk pria dan wanita. Tapi sebelumnya, ia menjelaskan terlebih dahulu ciri-ciri kulit wajah yang sehat.

Menurut dr. Novita kulit wajah yang sehat bersifat kenyal dan lembab. Lembab di sini bukan berarti berminyak, namun terhidrasi. Selain itu, kulit tampak cerah dan warnanya merata (tidak belang). Serta kulit wajah yang sehat tidak mengalami kemerahan.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, ia menyarankan untuk rutin mencuci muka minimal dua kali sehari.

“Cuci muka minimal dua kali sehari. Pagi ketika bangun tidur dan malam hari akan tidur. Saat-saat itu waktu yang tepat untuk membersihkan wajah kita,” ujarnya dalam live Instagram KelaSS Pintar, Rabu (8/12/2021) dengan tema “My Skincare My Adventure”.

Setelah cuci muka, ia juga menekankan pentingnya pemakaian moisturizer untuk menjaga wajah tetap lembab usai dibersihkan dengan facial foam.

Lalu, skincare yang wajib digunakan adalah tabir surya atau sunscreen. Menurut dr. Novita. sunscreen tidak boleh ketinggalan dalam list skincare untuk menjaga kulit dari kerusakan saat berkegiatan khususnya di luar rumah.

“Lalu untuk pagi dan siang, gunakan tabir surya. Mau nggak mau, suka nggak suka, kita di wilayah tropis. Siang hari khususnya, sebaiknya digunakan untuk menangkal kulit juga dari radiasi,” jelasnya.

Untuk pemilihan sunscreen, dr. Novita lebih menyarankan memakai tabir surya dengan kandungan minimal SPF30 yang mampu menjaga kulit selama 4-6 jam.

Lalu untuk malam hari, ia mengingatkan untuk mencuci muka untuk membersihkan wajah dari kotoran setelah seharian beraktifitas.

Setelah itu, baru melakukan perawatan di malam hari dengan minimal, memakai moisturizer. Dokter Novita menambahkan, selain pelembab, skincare malam juga dapat ditambah dengan serum.

“Malam bisa menggunakan serum, atau moisturizer pagi dibuat untuk malam. Untuk serum bisa yang mengandung vitamin C karena bagus untuk regenerasi kulit,” ujarnya.

Selain beberapa perawatan kulit di atas, tahapan skincare selanjutnya yang tak kalah penting adalah eksfoliator. Eksofoliasi wajah atau pengelupasan sel kulit mati bermanfaat untuk menghilangkan kotoran seperti debu, sisa makeup, dan sel – sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam.

Namun, eksfoliasi tidak dianjurkan untuk digunakan terlalu sering. Namun hanya 1-2 kali dalam seminggu saja. Jika terlalu sering, dikhawatirkan bukannya sel kulit mati yang terangkat, namun kelembaban alami kulit yang akan terganggu.

“Ada kelembaban alami kulit dalam wajah kita. Kalau over exfoliating, takutnya akan mengganggu barrier kulit kita,” ujarnya.

Eksfoliator sendiri ada dua jenis, yakni physical exfoliating dan chemical exfoliating. Physical exfoliating seperti scrub, bisa digunakan untuk kulit wajah normal. Namun untuk kulit sensitif, physical exfoliating tidak dianjurkan kecuali jenis mild exfoliating atau butiran scrub yang kecil dan halus.

Sedangkan untuk chemical exfoliator juga terdapat berbagai jenis tergantung kandungannya dan jenis kulit masing-masing orang.

“Kalau chemical ada yang mengandung alpha hydroxy acids (AHA), salicylic acid, glycolic acid. Hanya saja tidak boleh terlalu sering,” tambahnya.

Selain dengan skincare, perawatan kulit juga membutuhkan pola hidup yang sehat. Seperti makan makanan sehat, tidur cukup, olahraga rutin serta banyak minum air putih untuk menambah hidrasi kulit wajah.

Begitu juga dengan mengurangi kebiasaan merokok, karena dapat berdampak pada kesehatan kulit.

“Merokok ini yang susah (ditinggalkan) terutama untuk pria. Kurangi atau sebaiknya jangan merokok. Karena rokok membawa radikal bebas dan kulit cenderung membuat kulit kering dan juga menambah kerutan yang akhirnya mempercepat penuaan dini,” jelasnya.

Menurutnya, pola hidup yang sehat juga akan mendorong kulit tetap sehat dengan memberikan nutrisi yang baik dari dalam.(tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Kamis, 20 Januari 2022
28o
Kurs