Selasa, 3 Agustus 2021

Festival Musik Glastonbury Kantongi Izin Satu Hari Pertunjukan

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Festival musik Glastonbury yang berlangsung di Inggris. Foto: Antara/Reuters

Festival musik paling ikonik di Inggris, Glastonbury, akan kembali digelar pada bulan September. Berbeda dari sebelumnya, pertunjukan ini hanya akan berlangsung satu hari dengan nama “Equinox”.

Glastonbury merupakan acara musik tahunan yang biasanya berlangsung selama tiga hari. Dilansir dari Antara, Kamis (20/5/2021), setelah berkonsultasi dengan penduduk dan pihak berwenang di daerah Somerset, Glastonbury telah mendapat izin dari Dewan Distrik Mendip.

Jika semua persyaratan telah terpenuhi maka pihak Glastonbury akan segera memberi pengumuman resmi di mana Equinox akan dilaksanakan selama satu hari meski dalam proposal pengajuan meminta untuk dua hari.

Semua pertunjukan akan berlangsung di panggung utama yakni Pyramid di Worthy Farm, dan acara tersebut akan memiliki kapasitas total 49.999 orang termasuk semua staf, pedagang, pemain dan kru.

Sebelumnya, kapasitas festival ini mencapai 200 ribu orang. Sehingga, kemah umum dan fitur lain tidak tersedia pada Glastonbury tahun ini.

“Permohonan izin apapun akan dipertimbangkan, Mendip menilai dengan tepat dampak suatu acara pada masyarakat lokal dan berusaha menemukan keseimbangan yang layak,” ujar Sam Phripp, anggota dewan dan ketua perizinan di Dewan Mendip.

“Berkenaan dengan Glastonbury Festival Events Limited yang mengadakan konser di bulan September, kami telah mendengar kekhawatiran dari penduduk, dan kekhawatiran tersebut tercermin dalam lebih dari 50 ketentuan yang telah ditambahkan pada surat izin ini. Kami yakin itu adalah tindakan yang masuk akal, dan sesuai dengan risiko yang akan didapat dari acara tersebut,” imbuhnya.

Menurut Phripp, pada dasarnya acara apapun yang akan diselenggarakan harus aman dari virus Covid-19. Mendip juga akan bekerja sama dengan organisasi lain dan pihak penyelenggara untuk memastikan festival tersebut berlangsung aman.

“Semua orang yang terlibat ingin agar acara ini bisa sukses, tetapi sebagai ketua perizinan di Mendip, saya menegaskan bahwa kami akan tetap membuka telinga dan mata serta menerima pendapat dari penduduk Pilton, seperti yang kita lakukan pada acara lainnya,” kata Phripp.

Dua pengisi acara pada festival musik ini, Coldplay dan Haim, akan tampil dalam acara streaming langsung di Worthy Farm pada 22 Mei 2021.

Konser tersebut diumumkan setelah penyelenggara terpaksa membatalkan festival selama dua tahun berturut-turut akibat pandemi Covid-19.(ant/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Antre Sejak Pagi Buta Demi Mendapat Vaksin

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Antrean Vaksinasi di Grand City Surabaya

Antrean Vaksinasi di Terminal 2 Juanda

Surabaya
Selasa, 3 Agustus 2021
28o
Kurs