Senin, 29 April 2024

Lima Rekomendasi Film untuk Keluarga di Tengah Larangan Mudik Lebaran

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Poster Film Coco Foto: IMDB

Di tengah Pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan aturan larangan mudik lebaran 2021 yang diterapkan pemerintah, ada baiknya Anda mengisi akhir pekan dengan kegiatan yang mempererat kedekatan dengan keluarga.

Salah satu kegiatan yang bisa mempererat dan menghangatkan ikatan emosional keluarga adalah menonton film. Ada sejumlah film bermuatan pesan moral bagi keluarga yang cukup menginspirasi.

Anda bisa menontonnya bersama keluarga yang berada di rumah, atau merekomendasikan film itu untuk keluarga Anda yang ada di kampung halaman supaya ketika berkomunikasi via video call bisa saling berbagi kesan tentang film tersebut.

Berikut ini rekomendasi film keluarga dengan berbagai pesan moral yang menginspirasi:

1. Keluarga Cemara

Film Keluarga Cemara. Foto: Youtube

Film Keluarga Cemara menjadi adaptasi dari sinetron Indonesia dengan judul yang sama pada tahun 1996 hingga 2005. Inti cerita dari film ini tidak jauh berbeda dengan sinetronnya. Film ini mengisahkan sebuah keluarga kaya yang kemudian mengalami kebangkrutan dan membuat mereka harus menjalani kehidupan dengan penuh keserhanaan. Meski mereka harus beradaptasi, pada akhirnya keharmonisan keluarga ini tidak berubah. Karena yang terpenting sebenarnya adalah keluarga.

2. Soul

Poster film Soul. Foto: Disney

Soul merupakan film kartun garapan Pixar Animation yang dirilis pada 2020 lalu. Film ini menceritakan tentang kehidupan ketika menjadi Jiwa. Joe Gardner seorang guru musik memiliki impian untuk menampilkan musik jazz diatas panggung. Jelang penampilannya, ia jatuh dan masuk dalam kehidupan setelahnya, menjadi jiwa (Soul). Joe pun berusaha untuk keluar dari kehidupan menjadi jiwa dengan berbagai kejadian yang dia alami di dunia baru itu. Film ini mengajarkan penonton untuk tidak mudah menyerah dan fokus dalam mencari jati diri. Selain itu, film ini juga mengajak untuk semangat dan terus bersyukur disetiap menitnya.

3. Cek Toko Sebelah

Poster Film Cek Toko Sebelah.
Foto: IMDB

Cek Toko Sebelah ialah film produksi Starvision Plus yang disutradarai oleh Ernest Prakasa. Film ini mengangkat kisah kehidupan dengan latar etnis Tionghoa yang memiliki adat jika seoranga anak beranjak dewasa, ia harus melanjutkan usaha orang tua untuk mengelola toko. Meski begitu, film ini diselimuti konflik-konflik yang juga dirasakan oleh banyak keluarga terkait hubungan antar anak maupun anak dengan orang tua. Film dengan kemasan komedi ini bisa membuat penonton memaknai arti keluarga dengan saling membantu dan memiliki toleransi yang tinggi.

4. Susah Sinyal

Salah satu adegan film Susah Sinyal. Foto: Movfreak

Susah Sinyal ialah film yang mengisahkan tentang kehidupan ibu tunggal (single mom) dan anaknya. Ellen, Ibu tunggal yang diperankan Adinia Wirasti ini harus bekerja untuk menghidupi anak tunggalnya yang membuat hubungan dengan Kiara, anaknya, menjadi renggang dan membuat Kiara begitu dekat dengan neneknya. Ketika neneknya meninggal, Kiara begitu terpukul dan Ellen mengajaknya berlibur untuk menghabiskan waktu bersama. Sejak saat itu, Kiara meyakini ibunya yang ternyata meyanyanginya. Film ini bisa menjadi renungan bahwa kasih sayang ibu begitu besar pada anaknya, meski menjadi ibu tunggal.

5. Coco

Poster Film Coco
Foto: IMDB

Coco menjadi film keluarga yang tidak hanya memiliki pesan moral tapi juga mengangkat tradisi serta kebudayaan di Meksiko. Film ini menceritakan tentang seorang anak yang menyukai musik namun ditentang oleh keluarganya. Ia mencari tahu penyebab mengapa keluarganya begitu membenci musik dan berusaha menyelesaikannya melalui The Land of The Dead, mitos orang Meksiko yang memercayai adanya kehidupan setelah kematian. Film ini mengajarkan anak untuk terus mewujudkan mimpinya dan orang tua untuk mendukung anak selama keputusannya adalah hal baik. (frh/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs